'Kick Off' Keketuaan ASEAN 2023, Jokowi: ASEAN Penting Bagi Dunia

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (29/1) pagi.

Diawali dengan bersepeda menuju lokasi acara, Jokowi didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, seperti Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, serta Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Dengan mengucap bismillah, pada pagi hari ini secara resmi saya nyatakan Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 dimulai," kata Jokowi sambil memukul alat musik rebana yang juga didampingi sejumlah duta besar negara sahabat di Bundaran HI.

Jokowi menekankan bahwa Indonesia telah menjalankan Presidensi G20 beberapa waktu lalu dengan baik, dan kini dilanjutkan dengan Keketuaan ASEAN 2023. Kepala Negara menekankan ASEAN memiliki peranan penting bagi dunia.

"Saya meyakini bahwa ASEAN masih penting dan relevan bagi rakyat, bagi kawasan dan bagi dunia. ASEAN akan terus berkontribusi untuk kawasan indopasifik, bahwa ASEAN akan terus dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan ASEAN Matters: Epicentrum of Growth," tandasnya.

Sebagai informasi, Indonesia resmi memegang posisi Chairmanship ASEAN 2023 pada 1 Januari 2023. Kali ini, Indonesia mengangkat tema "ASEAN Matter: Epicentrum of Growth".