Potensi Hewan Ternak Desa Siru Mabar Capai Rp2,5 MilIar

Manggarai Barat - Pemerintah Desa Siru, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur, menyerahkan 20 dari 40 ekor bibit indukan kambing kepada sejumlah warga setempat. (14/7).

Kepala Desa Siru Sumardi mengatakan, selain pertanian, ternak juga merupakan salah satu potensi yang akan dikembangkan di Desa Siru.

Berdasarkan data ternak yang dimiliki Pemdes Siru per Januari 2020, kambing 324 ekor, babi 58 ekor, sapi 319 ekor, dan kerbau 178 ekor. Data tersebut jika dikonversikan ke rupiah setara dengan Rp2,5 miliar lebih.

Disamping itu, minat masyarakat untuk beternak dari tahun ke tahun terus meningkat. Melihat potensi ini, pemerintah desa memfasilitasi keinginan masyarakat untuk beternak melalui program pemberdayaan yang bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2020.

"Kami berkomitmen menjadikan Desa Siru sebagai desa ternak dan Dusun Poco Ndoang akan di jadikan model sebagai Kampung Ternak Kambing," jelas Sumardi. Di Dusun ini Pemdes akan memberikan bantuan kambing kepada 79 KK secara bertahap mulai tahun lalu.

Tahun 2019, Pemdes memberikan bantuan 68 ekor kambing untuk 34 KK, tahun 2020 sebanyak 40 ekor untuk 20 KK, sisanya 25 KK untuk tahun 2021.

Sebelum kambing diserahkan kepada warga, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan ternak oleh Puskeswan Lembor.

Penyerahan bantuan ternak kambing ini disaksikan oleh Yusuf Hamju, Ketua BPD Desa Siru dan sejumlah perangkat Desa. Penyerahan bantuan kambing ini disakiskan oleh Yusuf.