Daya Tarik Agro Wisata Petik Jambu Kristal di Dempet Demak

Demak - Agro wisata petik buah jambu kristal di Desa Jerukgulung, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, milik Sayudi berhasil sukses menarik perhatian wisatawan. Hal tersebut terbukti karena wisatawan terus berdatangan untuk memetik langsung buah jambu kristal.

Sekar salah satu wisatawan, Sekar mengungkapkan kepuasannya terhadap agro wisata petik buah jambu kristal di Desa Jerukgulung, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak milik Sayudi tersebut.

“Saya dari Kota Semarang memang sengaja datang kesini untuk mencari suasana yang asri dan segar. Lumayan dekat juga, sehingga kami dapat mencoba langsung jambu kristal dan ambil sendiri dari pohonnya. Rasanya segar dan enak, nagih lah. Harganya juga termasuk terjangkau,” kata Sekar Wisatawan Agro Wisata Petik Jambu Kristal, Minggu (5/2).

Sementara itu, menurut Sayudi pemilik Perkebunan Jambu Kristal, agro wisata petik buah jambu kristal ini sangat menguntungkan. Ia mengaku hampir setiap hari buah jambu kristal dapat dipanen di kebunnya. Dalam sehari, Sayudi dapat memanen 3-4 kwintal jambu kristal.

“Selama kurun waktu satu bulan, yah hampir setiap hari panen karena banyaknya lahan jadi satu baris memenuhi satu kwintal 3 kwintal, tidak terputus,” kata Sayudi.

Dirinya menyampaikan bahwa menanam jambu kristal lebih menguntungkan dibanding dengan menanam padi.

“Untuk perbandingan menanam jambu dengan menanam padi bisa mencapai 60 persen. Karena Dari usia 6 bulan saja jambu kristal sudah bisa berproduksi untuk bisa dikonsumsi, sehingga tidak putus, dan setiap hari bisa panen,” tambahnya.

“Hingga saat ini sudah dua tahun menanam jambu kristal dan hanya butuh 6 bulan saja dari awal menanam hingga sampai berbuah. Hingga saat ini telah memanen sekiranya 6 ton," jelasnya.

Sayudi memiliki kurang lebih tujuh hektar lahan perkembunan kristal yang tersedia empat jenis jambu kristal yaitu, kristal madu, kristal putih, kristal merah, dan kristal swimik pala.

Adapun harga untuk ukuran buah jambu kristal grade A dengan harga Rp25.000, untuk grade B di harga Rp20.000, dengan ukuran kurtang lebih grade A dengan berat 4-5 ons bisa sampai 7-8 cm, sementara untuk grade B biasanya memiliki berat 2,5-3 ons.