Pemkab OKU Siapkan 16 Ribu Paket Sembako di Pasar Murah

Baturaja - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan bersama Bulog setempat menyiapkan sebanyak 16 ribu paket sembako di pasar murah.



Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten OKU Lukmanul Hakim di Baturaja, Selasa (7/2), menyampaikan bahwa pasar murah sembako digelar hingga 20 Februari mendatang.



Lukmanul menjelaskan, operasi pasar murah itu digelar secara bergilir di delapan kecamatan meliputi Kecamatan Peninjauan, Lubuk Batang, Lubuk Raja, Semidang Aji, Sosoh Buay Rayap, Muarajaya, Pengandonan dan Lengkiti.



Dalam operasi pasar, pihaknya bersama Bulog OKU menyiapkan sebanyak 16 ribu paket sembako berisi beras medium sebanyak 5 kilogram (Kg) dan satu liter minyak goreng Fortune. Masing-masing kecamatan didistribusikan sebanyak 2.000 paket sembako untuk dijual kepada masyarakat dengan harga terjangkau.



"Ada juga paket sembako berisi 5 Kg beras medium dan tepung terigu kemasan 1 Kg," katanya.



Setiap paket sembako beras dan minyak goreng dijual dengan harga murah dari pasaran atau di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) yaitu sebesar Rp61.000/paket.



"Untuk paket beras dan tepung terigu kami jual kepada masyarakat Rp57.000," katanya.



Lukman menjelaskan, operasi pasar murah tersebut dilaksanakan dalam rangka menekan inflasi sekaligus menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok khususnya komoditas beras medium dan minyak goreng yang merangkak naik di pasaran. Hal itu dilakukan agar masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah dapat terbantu di tengah lonjakan harga kebutuhan pokok di pasaran.