Kades Diminta Perkuat Sinergi Kembangkan Desa Wisata di Pemalang

Pemalang - Para kepala desa diharapkan dapat menguatkan sinergitas dalam upaya mengembangkan desa wisata berbasis kawasan di wilayahnya.

Harapan tersebut disampaikan Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat membuka Sarasehan Rembug Desa dalam rangkaian kegiatan Randudongkal Desa Festival Tahun 2023, di Pendopo Kecamatan Randudongkal, Sabtu (11/2).

Dikatakan Mansur, dalam upaya mengembangkan potensi yang ada di desanya dibutuhkan kekompakan dan sinergitas para pemimpin desa sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi warganya secara luas.

"Tetapi kalau tidak di manfaatkan dengan sebaik-baiknya kesejahteraan dan kemakmuran Kabupaten Pemalang tidak akan terjadi," ujar Mansur Hidayat.

"Maka dibutuhkan pemimpin yang luar biasa yang dibutuhkan di desanya untuk mengembangkan potensi yang ada sehingga bisa menjadi kemaslahatan masyarakatnya secara luas," ujarnya.

Untuk itu, ujarnya, dalam mengembangkan potensi tersebut maka dibutuhkan kolaborasi dan sinergitas desa sehingga menjadi wisata kawasan yang dapat menarik bagi wisatawan.

"Itulah kawasan sinergi, kolaborasi antar desa satu dengan yang lain sehingga menjadi wisata kawasan," ungkap Mansur.

Pihaknya berharap sarasehan ini dapat memberikan atau memperoleh titik - titik terang terkait dengan desa kawasan itu.

Sementara Camat Randudongkal menjelaskan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pencerahan bagi Kepala Desa dalam meĺaksanakan berbagai program yang dimiliki desa. Sedangkan untuk suksesnya kegiatan ini pihaknya menghadirkan narasumber dari Kementerian Desa.