Dukung Ketahanan Pangan, Pemkab-Kodim Pemalang Panen Jagung di Lahan Tidur

Pemalang - Guna mendukung program ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Pemalang, Kodim 0711/Pemalang bekerja sama dengan Pemkab Pemalang dan masyarakat memanfaatkan lahan tidur di Desa Widodaren, Kecamatan Petarukan.

Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat bersama Dandim 0711/Pemalang Ade Afri Verdanik dan Kapolres Pemalang Yovan Fatika hari ini melakukan panen jagung di area lahan tidur seluas 1,3 hektar, desa setempat, Rabu (22/2).

Mansur mengatakan, kegiatan panen jagung yang dilaksanakan bersama Dandim 0711/ Pemalang, dan Kapolres Pemalang, Yovan Fatika dan unsur masyarakat lainnya adalah bagian dari upaya untuk membantu pemerintah dalam hal ketahanan pangan.

Terkait itu, pemerintah daerah menyampaikan terima kasih kepada Dandim beserta jajarannya atas inisiatifnya menanam jagung di lahan tidur yang kurang lebih sudah 10 tahun tidak di tanami apa-apa, sehingga selain dapat untuk tujuan ketahanan pangan kegiatan tersebut bisa dijadikan contoh untuk warga.

Berkaitan dengan bibit tanaman, Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Dinas Pertanian, kata Mansur, siap mendukung program ketahanan pangan tersebut.

Sementara itu, Dandim 0711/Pemalang Ade Afri Verdanix mengatakan penanaman merupakan salah satu program yang dibuat oleh Kodim 0711/Pemalang bertujuan untuk memotivasi masyarakat supaya dapat memanfaatkan lahan tidur, sehingga bisa berproduksi lebih baik.

"Kami dibantu oleh Bupati, dan Kades Widodaren juga sudah menyediakan lahan sehingga acara panen jagung demplot ketahanan pangan ini bisa berjalan," kata dandim.

Dandim menjelaskan sebanyak 40% dari jagung yang dipanen hari ini selanjutnya di kembalikan ke masyarakat yang berada di Widodaren sedangkan yang lain akan di usahakan untuk kembali dikembangkan agar ke depan lahan tidur tersebut bisa berproduksi lagi.