Tekan Stunting, TP PKK Denpasar Serahkan Bantuan PMT kepada 86 Balita

Denpasar - Dalam rangka menyambut HUT ke-235 Kota Denpasar, Tim Penggerak PKK setempat menyerahkan bantuan paket Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada 86 balita.

Penyerahan bantuan ini dilakukan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara didampingi Ketua GOW Kota Denpasar Ayu Kristi Arya Wibawa di empat kantor Kecamatan se-Kota Denpasar, Kamis (23/2).

Sagung Antari Jaya Negara mengatakan, penyerahan bantuan PMT ini juga untuk mencegah dan menekan angka stunting di Kota Denpasar. Untuk itu, lanjutnya, bantuan PMT ini diberikan kepada balita terindikasi kurang gizi.

Menurut Sagung Antari Jaya Negara, stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak.

"Untuk itu kami mengharapkan agar ibu hamil dan yang memiliki balita untuk memperhatikan gizi  dan sering memeriksakan kesehatan ke fasilitas kesehatan terdekat. Karena masalah stunting dimulai dari 1.000 hari pertama kehidupan," ujar Sagung Antari Jaya Negara.

Terutama, tambahnya, anak perempuan harus diperhatikan gizinya agar ketika dewasa tidak menderita anemia, dan  ketika dewasa sudah siap untuk bereproduksi, karena mereka generasi penurus bangsa.

"Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan untuk selanjutnya diharapkan bisa dilanjutkan secara mandiri," tandasnya.

Salah satu warga, Nanik Indriyati mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar khususnya TP PKK atas bantuan PMT yang diberikan kepada anaknya, Nabiahan Sofyan Yogantara yang baru berusia 16 bulan.

Menurutnya bantuan yang diberikan sangat bermanfaat. Selain itu, pihaknya juga bisa mendapat informasi tentang pentingnya gizi untuk mencegah stunting dan tentang kesehatan anak.

"Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan sehingga kami juga bisa mendapat informasi tentang kesehatan," harapnya.