Hari Jadi ke-520, Pemkab Demak Gelar Festival Megengan dan Kirab Budaya

Demak - Hari Jadi Kabupaten Demak ke-520 tahun 2023 terasa begitu istimewa dikarenakan bertepatan dengan datangnya bulan suci Ramadhan.

Menyambut dua momen penting tersebut, Dinas Pariwisata menyelenggarakan Festival Megengan dan Kirab Budaya Kota Wali 2023 dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H dan Hari Jadi ke-520 Kabupaten Demak yang dipusatkan di depan Masjid Agung Demak, Rabu (22/3).

Plt Kepala dinas Pariwisata Endah Cahyarini menyampaikan, bazar kuliner megengan akan berlangsung satu bulan penuh selama Ramadhan berlokasi di pujasera area parkir Masjid Agung.

"Untuk membangkitkan perekonomian para pelaku usaha dan UKM setelah terpuruk akibat dampak pandemi COVID-19 dan menggeliatkan kembali dunia pariwisata khususnya destinasi wisata kuliner, digelar Festival Kuliner Ramadhan satu bulan penuh bertempat di Pujasera area parkir Masjid Agung Demak," ujarnya.

"Dengan menyuguhkan sajian kuliner khas Demak seperti sate keong, lontong tahu, kropohan, dan lain-lain untuk santap sahur maupun menu buka puasa dan santap sahur dengan lebih dari 100 pedagang," lanjut Endah

Endah menjelaskan, Festival Megengan juga dimeriahkan dengan kirab seni dan budaya yang diikuti 20 grup dan mencapai kurang lebih 1.200 orang sebagai pengisi acara. Mereka akan tampil dengan performa yang luar biasa dengan membawakan tarian khas dan budaya potensi lokal.

"Festival Megengan dan Kirab Budaya Kota Wali 2023 diawali dengan iring-iringan prajurit oleh Saka Pariwisata, dilanjutkan oleh rombongan bupati dan peserta kirab budaya dengan tampilan seni budaya dan kreativitas yang menarik. Dimulai pada pukul 13.00 WIB," pungkas Endah.