HUT ke-57, Pemkab Batang Salurkan Bantuan kepada Disabilitas dan Lansia

Batang - Sejumlah penyandang disabilitas dan kaum lanjut usia (lansia) terlantar di Kecamatan Tersono dan Gringsing mendapat bantuan sosial dari Dinas Sosial dalam rangka Hari Jadi ke-57 Kabupaten Batang. Bantuan berupa uang dan paket sembako dari Baznas Batang yang diberikan langsung kepada penerima.

Kepala Dinas Sosial Batang Joko Tetuko mengatakan, bantuan tersebut merupakan bukti perhatian Pemkab terhadap para penyadapan disabilitas berat dan lansia terlantar yang rutin diberikan setiap tahunnya.

“Setiap bulannya mereka menerima bantuan berupa uang tunai sebesar Rp200 ribu selama 10 bulan. Dan hari ini karena momentumnya bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Batang, maka bantuan kami serahkan langsung sekaligus anjangsana kepada penerima manfaat,” katanya, usai menyerahkan bantuan kepada penyandang disabilitas, di Desa Sumurbanger, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Selasa (28/3).

Ia menjelaskan, mayoritas penerima manfaat adalah mereka yang mengalami gangguan mental dan keterbatasan fisik.

Salah satu keluarga penerima manfaat, Suharti, ibu dari Arvian balita penyandang disabilitas menyampaikan, putranya mengalami gangguan mental sejak berusia 8 bulan hingga kini berusia 4 tahun.

“Awalnya sakit panas, hingga mengakibatkan gangguan pada syaraf lehernya. Alhamdulillah sekarang sudah ada perkembangan, mulai bisa merangkak dan membalikkan badan,” jelasnya.

Ia berterima kasih karena selama ini putranya merupakan salah satu penerima bantuan khusus penyandang disabilitas yang rutin tiap bulannya menerima sebesar Rp200 ribu.

Selama tahun 2022, Pemkab Batang telah menyalurkan bantuan sosial kepada 125 orang disabilitas 125 terlantar dengan anggaran sebesar Rp500 juta.