Aplikasi Batang Career Masuk Top 10 KIPP

Batang - Aplikasi eksklusif platform Batang Career Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Batang masuk Top 10 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2022. Kesuksesan Batang Career dinilai sebagai terobosan inovasi dalam rangka percepatan reformasi birokrasi sektor pelayanan publik.

Atas prestasi tersebut Ph Bupati Batang Lani Dwi Rejeki diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Batang Wilopo menerima penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB) Abdullah Azwar Anas.

Penyerahan penghargaan berlangsung di Gedung Gedung Gradhika Bhakti Praja, kompleks Kantor Pemprov Jateng. Tampak juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam penyeraharan penghargaan pada Kamis (30/3).

“Batang Career merupakan inovasi pelayanan bagi pencari kerja dan pemberi kerja, artinya aplikasi itu mempermudah para pencari kerja yang dikuatkan dengan regulasi Peraturan Bupati No 42 tahun 2021 tentang layanan penempatan tenaga kerja melalui sistem informasi pangsa pasar kerja,” kata Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, saat ditemui di Kantornya, Jumat (31/3).

Batang Carer juga terintegrasi dengan perusahaan yang berdiri di Batang. Sehingga mereka mendapatkan akses pekerjaan yang diidamkannya, sesuai kriteria yang diharapkan perusahaan.

“Para pencari kerja bisa membuat akun proses melamar pekerjaan, yang outputnya data base pencari kerja khusus warga Kabuparen Batang,” jelasnya.

Melalui apilkasi tersebut juga dapat diketahui pencari kerja yang tidak memiliki skiil melalui pembuatan CV online, lalu diarahkan untuk mengikuti pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh Disnaker Batang.

“Aplikasi eksklusif platform itu juga diintegrasikan dengan e-Makaryo Prov Jateng dan Siap Kerja Kemenaker RI,” tuturnya.

Aplikasi ini berdampak positif untuk meningkatkan koordinasi yang baik antara pemkab, lembaga pelatihan kerja dan perusahaan, dalam memberikan pelayanan ketenagakerjaan. Terutama untuk menyambut hadirnya Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang.

“Aplikasi Batang Career mulai dilaunching pada akhir tahun 2020. Kita terus melakukan inovasi untuk penyermpurnaannya,” ungkapnya.

Ia pun menyebutkan, penghargaan KIPP sebagai motivasi semua ASN yang ada di Pemkab Batang untuk terus berkarya dan berinovasi untuk mempermudah pelayanan publik. Dan apresiasi kepada Disnaker Batang yang telah menorehkan prestasi tersebut.

“Teknologi semakin maju harus kita manfaatkan untuk berinovasi mempermudah layanan publik yang efektif efisien dan sederhana,” pungkasnya.