Pj Bupati Batang dan Dirut PUDAM Sendang Kamulyan Diganjar Penghargaan

Jakarta - Pemerintah Kabupaten Batang melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PUDAM) Sendang Kamulyan Batang kembali berhasil menyabet tiga penghargaan sekaligus dalam ajang Top BUMD Awards 2023.

Penghargaan dari majalah Top Business bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA), beberapa Lembaga, Asosiasi dan Konsultan Bisnis.

Dari 3 pengahargaan itu, Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki diganjar penghargaan Top Pembina BUMD 2023 dan Direktur Utama PUDAM Sendang Kamulyan Yulianto meraih penghargaan Top CEO BUMD.

Lalu, PUDAM Sendang Kamulyan meraih Top BUMD pelayanan terbaik bintang 5 yang diterima oleh Direktur Umum Siswandi Hambali.

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, sangat mengapresiasi kinerja jajaran PUDAM Sendang Kamulyan dan semua Stakeholder.

“Saya apresiasi dan terimakasih atas anugrah penghargaan ini yang tiga hari lagi akan memperingati hari jadi Kabupaten Batang Ke-57. Semoga ke depan lebih baik dengan tetap menjaga kualitas kuantitas dan kontinuitas pelayana air minum ke masyarakat. Itulah kunci layanan masyarakat,” katanya usai menerima penghargaan di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Lani juga meminta PUDAM Sendang Kamulyan sebagai penyedian air minum tidak hanya mengejar keuntungan semata, tetapi juga bertujuan untuk kehidupan sosial masyarakat.

“PUDAM Sendang Kamulyan bukan hanya profit oriented, tapi harus ada sosial oriented untuk masyarakat Kabupaten Batang melalui CSR perusahaan,” jelasnya

Sementara itu, Direktur Utama PUDAM Sendang Kamulyan Yulianto menyatakan, bahwa prestasi ini merupakan buah dari kerja keras dan komitmen Pj Bupati Batang serta kerjasama dari seluruh pegawai PUDAM Sendang Kamulyan dan Stakeholder.

Pasalnya, prestasi tidak bisa di raih tanpa ada peran dari Dewan Pengawas, DPRD, mitra kerja dan juga tidak kalah pentingnya yaitu dukungan masyarakat.

“Syukur alhamdulilah kita bisa meraih TOP BUMD Awards 2023 kategori pelayanan terbaik bintang lima yang artinya excellent atau luar biasa,” tuturnya.

PUDAM Sendang Kamulyan dinilai oleh dewan juri yang berkompeten telah berhasil meraih pencapaian target yang sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP). Yakni standar pelayanan, pencapaian kinerja yang baik, kepemimpinan dan manajemennya baik dan selaras dengan Visi BUMD.

Tidak hanya itu, lanjut dia, PUDAM Sendang Kamulyan juga telah melakukan inovasi/perbaikan yang berkelanjutan dan didukung tekonologi informasi. Lalu, memiliki peran besar dan penting dalam pembangunan ekonomi di daerah sehingga layak untuk dijadikan contoh/benchmark bagi BUMD lain yang secara umum ada kombinasi pencapaian kinerja, upaya perbaikan dan kontribusi BUMD.

PUDAM Sendang Kamulyan juga dinilai memiliki kepedulian kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan memberikan subsidi pemasangan sambungan rumah Rp500 ribu kepada pelanggan baru yang sisanya bisa  diangsur.

“Kami juga dinilai memiliki kinerja baik dalam kepemimpinan dan menagemen serta dapat memberikan kontribusi yang baik untuk Pemkab Batang dalam bentuk deviden. Sehingga dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat Kabupaten Batang,” ungkapnya.

Ia juga berharap, penghargaan ini bisa memacu seluruh karyawan untuk selalu berprestasi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dan dapat lebih menggairahkan lagi dalam pengelolaan Perumda ke depan.

“Komitmen kami untuk tetap menjaga standar kualitas pelayanan yaitu kualitas, kuantitas, kontinuitas, keterjangkauan dan komunikasi untuk mewujudkan visi kita manjadi perumda air minum yang dicintai masyarakat,” ujar dia.

Adapun penilaian penghargaan ini melalui survei dari Kementerian Pekerjaan Umum yang berdasarkan penilaian kinerja dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan BPKP,  dengan dewan juri yang kompeten, profesional dan independen.