Forkopimda Demak Tinjau Ketersediaan Bahan Pangan Jelang Lebaran

Demak - Forkopimda Demak memantau ketersediaan beras di Bulog dan harga kebutuhan pokok masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H di Pasar Karanganyar, Senin (10/4).

Bupati Eisti'anah beserta Ketua DPRD Fahrudin Bisri Slamet, Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono, Dandim 0716/Demak Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo, Kajari Andri, didampingi, Ka Dindagkop UKM Iskandar Zulkarnain, Ka Dinpertanpangan Agus Herawan.

Dalam kesempatan tersebut, Dwi Rizky Sukma Wibawa selaku Asisten Manager Retail Bulog Cabang Semarang, menjelaskan stok yang ada di gudang Katonsari saat ini kurang kebih sekitar 2000 ton.

"Ini kita gunakan untuk yang pertama untuk penyaluran bantuan sosial sebanyak 1.500 ton, itupun juga kita terus masih menyerap beras dari produksi Demak. Jadi insya Allah untuk stok cukup untuk Kabupaten Demak," Kata Dwi Rizky Sukma Wibawa

"Setelah dikurangin dengan bantuan kemarin, untuk total hari ini sekitar 600 - 700 ton namun kita ini masih menyerap beras dari penggilingan - penggilingan ataupun petani yang ada di Demak. Jadi meskipun berkurang untuk bantuan sosial, kita juga tetap masih menyerap, masih melakukan pengadaan," tambahnya.

Dirinya menegaskan bahwa hasil beras yang disalurkan merupakan hasil petani yang ada di Kabupaten Demak, tidak ada dari daerah lain.

"Khusus di Bulog Katonsari ini penyerapan beras - beras yang ada di wilayah Demak. Dan ini Demak juga bisa mengirim untuk wilayah - wilayah lainnya juga biasanya," jelasnya.

Dalam pengecekan Beras yang rencananya akan di salurkan kepada 153.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Bupati Demak Eisti'anah menyampaikan akan memberikan beras masing - masing 10 kg.

"Ketersediaan di Bulog Katonsari ini terjaga, dan ini ada program dari Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) dari pusat yaitu 10 Kg per bulan mulai bukan Maret, April dan Mei selama tiga bulan ini mereka juga menyediakan stok tersebut. Jadi untuk menjawab adanya inflasi tentang beras ini, ini sebagai upaya pemerintah menekannya dengan pembagian beras 10 kg per KPM," Kata Eisti.

"Sehingga data yang dari Kemensos di Demak ini yang mendapatkan bantuan itu sekitar 153.556 KPM. Dan pada kesempatan kali ini kemarin juga kami sudah melihat juga bersama Bapak Sekda Provinsi kali ini nanti kita bersama Forkopimda Kabupaten Demak, akan melakukan operasi pasar. Memantau harga Kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri di Pasar Karanganyar," imbuhnya.