Pemkab Batang Berangkatkan Tiga Bus Mudik Gratis

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menyiapkan tiga armada bus gratis untuk masyarakat yang ingin melakukan mudik.

“Hari ini kami memberangkatkan tiga armada bus ke Jakarta untuk menjemput para pemudik yang berasal dari Batang,” kata Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batang Dwi Riyanto saat ditemui usai pemberangkatan bus mudik gratis di halaman Kantor Dishub Batang, Minggu (16/4).

Kegiatan mudik gratis menggunakan anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp50.000.000 yang sudah dianggarkan.

“Jumlah pemudik yang sudah terdaftar dalam bus mudik gratis tahun ini ada 150 orang. Nantinya, setiap bus akan diisi 50 orang. Sebelum berangkat, bus akan dilakukan rem cek supaya kondisi kendaraan yang digunakan untuk mengangkut pemudik benar-benar kondisinya aman dan bagus,” jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, sopir dan pendampingnya pun harus ada surat kesehatan supaya kondisi badannya memang sehat serta harus membawa perlengkapan surat-surat bus agar tidak menyalahi aturan yang ada.

“Perkiraan bus akan sampai di Jakarta pada sore hari dan besoknya akan berangkat dari Jakarta jam 10 pagi jadi sampai Kabupaten Batang perkiraan jam 4 sore,” terangnya.

Ia juga menyampaikan, akan selalu mendampingi dan mengawasi bus mudik gratis ini, karena setiap bus akan ada satu petugas yang mengawasi. Jadi nantinya tidak ada pemudik yang turun di jalan seenaknya harus turun bersama di halaman Kantor Dishub Batang.

“Semoga adanya bus mudik gratis dari Pemkab Batang dapat membantu meringankan beban pemudik,” imbuhnya.