Menteri Basuki dan Gubernur Ganjar Tinjau Kesiapan Rest Area 379A Batang

Batang - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau Rest Area 379A Gringsing, Kabupaten Batang.

“Peninjauan ini dalam rangka kesiapan Rest Area 379A Gringsing menyambut para pemudik yang akan berhenti,” kata Menteri PUPR Basuki, usai meninjau di Rest Area 379A Gringsing, Kabupaten Batang, Selasa (18/4).

Kesiapan sendiri meliputi penambahan toilet portabel dan ketersedian air bersih yang memang pada mudik tahun lalu masih sangat kurang.

“Total akan ada 9.000 toilet umum pada 127 rest area. Jumlah ini meningkat 330 persen dari tahun sebelumnya sebanyak 6.000 toilet umum sepanjang Tol Trans Jawa," jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya mempersiapkan UMKM yang menjajakan makanan tradisional daerah setempat berada di rest area harus ada 50 persen. Hal ini bentuk untuk meningkatkan UMKM di daerah supaya berkembang dan dapat diperkenalkan masyarakat di luar daerahnya.

“Untuk para pemudik sendiri, saya imbau untuk menjaga kebersihan rest area supaya tidak kotor. Karena kebersihan lokasi peristirahatan menjadikan kita nyaman beristirahat,” tegasnya.

"Semoga para pemudik dapat sampai tujuan kampung halaman dengan selamat. Kebahagiaan ini yang paling tidak tertandingi itu dapat mudik bertemu keluarga," imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan bahwa mudik tahun 2023 sudah dipersiapkan sebaik-baiknya oleh Kementrian PUPR dari fasilitas jalan hingga tempat istirahat para pemudik.

“Seperti hari ini kami meninjau persiapan rest area 379A Gringsing Kabupaten Batang dalam menyambut para pemudik,” terangnya.

Terpenting, ujar Ganjar, di rest area harus ada UMKM lokal Batang supaya perekonomian di daerah meningkat.

“Pesan saya hanya satu saja, harus bisa menjaga kebersihan rest area jangan buang sampah sembarangan agar kenyamanan tetap terjaga,” ujarnya.