Penerapan 'One Way' di GT Kalikangkung-Cikampek Mulai Dilakukan

Batang - Penerapan one way atau jalur satu arah pada arus balik Lebaran dari Km 414 GT Kalikangkung sampai Km 70 Tol Jakarta-Cikampek resmi dilakukan.

“Pemudik yang akan pulang ke Jakarta bisa menggunakan jalur kanan dari Gerbang Kalikangkung Semarang menuju Cikampek,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat ditemui di Rest Area Batang, Kabupaten Batang, Senin (24/4).

Penerapan one way ini pun didatangi oleh Menko PMK Muhadjir Effendy, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, dan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Dikutip dari unggahan di akun Instagram NTMC Polri, diingatkan bagi para pengguna jalan untuk tidak mendahului Patwal yang membuka jalur.

“Selain itu, siapkan juga saldo e-toll selama menggunakan tol, pastikan tidak kurang saat akan bayar. Lalu, BBM juga disiapkan, kalau kurang segera menepi di rest area terdekat untuk menambah bahan bakar,” tegasnya.

Lamanya pemberlakuan one way menuju arah Jakarta dilakukan secara situasional. Jangan lupa, ganjil genap pada arus balik juga masih berlaku, pastikan pelat nomor sesuai dengan tanggal pergi, ganjil atau genap.

Kemudian, lanjut dia, bagi kendaraan yang mengarah ke Timur dan terhambat adanya one way, bisa mencari alternatif lain.

“Misal masuk ke Gerbang Tol Kalihurip Utama, keluar di Sadang (Km 76 Cipularang) melewati Purwakarta melalu jalan arteri,” ujar dia.

Pilihan kedua, jelasnya, bisa exit di Km 68 tepatnya di Dawuan (GT Kalihurip 1), lewat Purwakarta atau Cikampek melalui arteri.