Antisipasi Puncak Arus Balik, Polisi Siap Berlakukan Buka Tutup Rest Area Batang

Batang - Kepadatan pemudik arus balik Lebaran 2023 ke arah Jakarta pada Rest Area 360B mulai terlihat Selasa (25/4) sore. Terlihat ramainya para pemudik yang beristirahat di Rest Area 360B Kabupaten Batang.

Seperti diketahui, prediksi puncak arus balik Lebaran 2023 akan terjadi pada 24 dan 25 April 2023. Disebutkan bahwa sebanyak 203 ribu kendaraan akan kembali ke Jakarta yang diimbau oleh Menko PMK dan Menhub keterangannya pada Minggu, 23 April 2023.

Untuk mengantisipasi lonjakan arus balik, Pos PAM Lebaran siap memberlakukan buka tutup Rest Area KM 360B Batang. Hal itu diungkapkan Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun melalui Kapos PAM Rest Area KM 360B, Iptu Sugiyana saat ditemui di Rest Area KM 360B, Kabupaten Batang, Selasa (25/4).

“Kita akan berlakukan sistem buka tutup guna mengurai kepadatan pengunjung arus balik yang akan menuju Jakarta maupun Jawa Barat, di Rest Area KM 360B ini,” katanya.

Namun demikian, ujarnya, hingga saat ini jumlah pengunjung yang masuk masih dalam tahap aman dan terkendali. Hingga hari ini belum ada peningkatan yang signifikan, rata-rata para pengunjung hanya singgah sebentar dan kembali melanjutkan perjalanan.

“Secara umum, artinya arus lalu lintas masih dapat dikelola dengan baik dan masih landai. Secara keseluruhan, sejak diberlakukan sistem one way dari arah Semarang menuju Jakarta, arus lalu lintas dikawasan tersebut ramai lancar," jelasnua.

“Tahun ini kebanyakan pemudik sudah mengetahui jauh-jauh hari sistem one way, jadi mereka sudah mengantisipasinya,” tambahnya.

Ia juga mengatakan bahwa belum ada, dan jangan sampai ada gangguan seperti maling, copet, atau tindakan kriminalitas di Rest Area ini. hanya ada gangguan sedikit seperti kecelakaan kecil yang tidak menimbulkan korban jiwa.

Ia juga mengimbau agar masyarakat atau pengunjung di Rest Area KM 360B, selalu berhati-hati dan waspada.

“Tindak kejahatan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, imbauan kami, jangan sampai lengah, jika membawa barang berharga simpanlah di tempat yang aman dan tidak usah menggunakan perhiasan yang mencolok,” tegasnya.

“Kami juga menyediakan layanan kesehatan, jika kecapaian atau mungkin sakit, akan kami layani dengan baik. Kemudian jika memang kecapean atau kelelahan silakan istirahat di posko kami. Terakhir, jangan sampai ada yang ketinggalan barang-barang bawaan, cek kembali sebelum berangkat termasuk juga anak-anak ini sering ketinggal,” tandasnya.