Pemkab Demak Berikan Pelatihan Wirausaha Bagi Perempuan

Demak – Pemerintah Kabupaten Demak melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) menggelar Pelatihan Keterampilan Wirausaha Bidang Olahan Makanan Bagi Perempuan Terdampak COVID-19 Tahun 2023, di Aula Kecamatan Guntur, Rabu (3/5).

Pelatihan inj dibuka langsung oleh Bupati Demak Eisti’anah. Adapun peserta kegiatan diikuti oleh 64 orang perempuan yang berdomisili di Kecamatan Guntur, yang terdiri dari sebanyak 44 perempuan berusia 20 sampai 45 tahun yang termasuk dalam DTKS, perempuan yang berstatus sebagai kepala keluarga (janda) sebanyak 10 orang, mempunyai anggota keluarga yang terindikasi stunting sebanyak 5 orang serta anggota penyandang disabilitas sebanyak 5 orang.

Dalam sambutannya, Bupati Eisti’anah mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini sebagai upaya menggali potensi-potensi baru, skill dan keterampilan bagi para perempuan agar bisa bangkit, berinovasi dan menciptakan peluang usaha baru serta memberi warna dalam UMKM di Demak.

“Banyak para pelaku usaha yang terpaksa gulung tikar. Namun, hantaman pandemi COVID-19 telah menjadikan para pelaku usaha menjadi lebih kreatif dan tahan banting,” kata Eisti.

Dirinya berharap potensi UMKM di setiap desa melalui gerakan one village one product dapat benar-benar terealisasi dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap penyelenggaraan ini bisa mengurangi tingkat kemiskinan ekstrem, membantu percepatan penurunan stunting melalui ketrampilan olahan makanan bergizi bagi penderita stunting," ujarnya.

Sementara, Kepala Dindagkop UKM Demak Iskandar Zulkarnain mengatakan, kegiatan semacam ini tidak berhenti sampai disini, akan tetapi setelah kegiatan ini akan didampingi mulai dari perijinan berusaha, manajemen usaha hingga fasilitas pemasaran baik secara online maupun offline.

Lanjut Iskandar mengatakan, kegiatan ini sebagai implementasi dari pewujudan visi dan misi bupati/wakil bupati Demak, terutama misi ketiga yaitu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis potensi lokal, membuka lapangan kerja, mengurangi kemiskinan dan pengangguran, serta sesuai dengan program unggulan bupati yaitu percepatan pemulihan ekonomi masyarakat yaitu kegiatan pelatihan keterampilan, bantuan stimulan, dan pendampingan jaringan pemasaran untuk pelaku UMKM terutama kelompok muda dan perempuan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Demak Eisti’anah didampingi Kepala Dindagkop UKM Demak Iskandar Zulkarnain menyerahkan bantuan secara simbolis kepada peserta pelatihan berupa gas elpiji 3 kg, selang regulator dan kompor.