587 Calhaj Pemalang Ikuti Manasik Haji

Pemalang - Sebanyak 587 calon jemaah haji (Calhaj) Kabupaten Pemalang mengikuti Bimbingan Manasik Haji selama dua hari dimulai 8-9 Mei 2023 di gedung serba guna Kecamatan Taman, Senin (8/5).

Dari 587 Calhaj Pemalang tersebut yang sudah melunasi biaya ibadah haji sebanyak 532 orang, sedangkan untuk tambahan kuota haji Pemalang mendapat sebanyak 26 orang.

Manasik haji merupakan praktik pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun- rukunnya. Dalam kegiatan ini, calhaj akan dilatih terkait tata cara pelaksanaan haji yang akan ditunaikan. Mulai dari rukun, persyaratan, wajib, sunnah haji maupun hal - hal yang dilarang selama pelaksanaan ibadah haji.

Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat membuka kegiatan tersebut mengatakan manasik merupakan bagian dari belajar haji agar tidak bingung nanti saat pelaksanaan ibadah haji.

"Ditanyakan apabila ada yang ragu, jika perlu ditanyakan, ya ditanyakan kepada yang akan mengajari manasik," kata Mansur.

Mansur Hidayat berpesan kepada calon jemaah haji bahwa sebelum melakukan ibadah, yang perlu diperhatikan adalah fisik dan diharapkan semua calon jamaah haji Kabupaten Pemalang giatkan olahraga ringan habis salat subuh.

"Ayo bareng-bareng manfaatkan waktu yang ada ini untuk apa membiasakan jalan biar disana tidak kaget," ajak Mansur.

Mansur mengingatkan kepada para dokter untuk melayani calon jemaah haji dengan sebaik-baiknya dan murah senyum.

"Kalau murah senyum nanti yang sakit bisa cepat sembuh dan untuk pendamping haji tolong layani calon jemaah haji kabupaten Pemalang dengan baik," pungkasnya.

Sementara Kepala Kantpr Kemenag Pemalang Roziqun menjelaskan calon jemaah haji Pemalang yang tertua atas nama Muhalil dari Desa Gombong, Kecamatan Belik berusia 93 tahun dan usia termuda atas nama Elgav Zulfa dari Desa Blendung, Kecamatan Ulujami.

Sedangkan untuk lancarnya pelaksanaan ibadah haji di Pemalang pihaknya telah menyiapkan petugas haji dua program yakni pertama ada petugas kloter untuk mengikuti dari memberkasi sampai ke tanah suci hingga pulang ke tempat awal. Kemudian yang kedua adalah PHD (Pembimbing Haji Daerah) yang bertugas mendampingi calon jemaah haji karena dicanangkan program haji adalah haji ramah lansia.