Jaga Imunitas di Tanah Suci, Calhaj Batang Divaksinasi Meningitis

Batang - Ratusan calon jamaah haji (calhaj) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mendapat vaksinasi Meningitis sebagai langkah antisipasi dan menjaga imunitas agar tetap prima selama menjalankan prosesi ibadah di Tanah Suci.

Vaksinasi Meningitis perlu diberikan karena calhaj dari Indonesia akan beribadah bersama lebih dari 2 juta jamaah dari seluruh dunia, sehingga jika tubuh tidak dibentengi dengan vaksin, dikhawatirkan mudah terpapar virus Meningitis.

Kasi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Batang Ahmad Zainudin mengatakan, Arab Saudi merupakan daerah endemi Meningitis, terlebih saat pelaksanaan ibadah haji akan ada jutaan orang yang datang dalam satu waktu, dikhawatirkan mereka membawa virus penyakit.

“Semoga saja calhaj Indonesia selama menjalankan ibadah di Tanah Suci tetap sehat, demikian pula ketika kembali ke Tanah Air,” katanya, saat ditemui, di Gedung PSC 119, Dinkes Batang, Kabupaten Batang, Senin (8/5).

Selain Meningitis, pihak Dinkes Batang juga menyarankan agar Calhaj juga divaksinasi Influenza.

“Ada jenis-jenis Influenza yang jika sampai menyerang tubuh, dampaknya bisa sampai mengakibatkan demam, badan nyeri hingga tidak bisa menjalankan rangkaian ibadah haji,” jelasnya.

Meskipun bentuknya hanya saran, ujarnya, namun akan lebih baik jika calhaj mendapatkan vaksin tersebut, karena andai kata terpapar gejala atau efek yang dirasakan tidak terlalu parah.

“Jumlah keseluruhan yang divaksinasi sebanyak 715 Calhaj, khusus di PSC 119 terdapat 170 Calhaj yang divaksinasi. Selanjutnya secara berkelanjutan dilaksanakan di Kecamatan Limpung, Kecamatan Subah dan Puskesmas Bandar 1,” pungkasnya.