Bupati Aceh Barat Serahkan Sepeda Motor Puskesmas Keliling

Aceh Barat - Bupati Aceh Barat Ramli MS menyerahkan secara simbolis kendaraan roda dua sebanyak 15 unit untuk 13 Puskesmas Keliling (Pusling) melalui kepala Puskesmas di 12 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat yang berlangsung di Dinas Kesehatan Aceh Barat.

"Kendaraan ini untuk memperlancar aktivitas para petugas Puskesmas Keliling yang aktivitasnya di lapangan sering mengalami kendala dan tidak efektif bila menuju wilayah kerja yang tidak bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat," katanya, Selasa (22/7).

Ditambahkannya, kinerja para tenaga medis di kecamatan khususnya kepala Puskesmas dinilai oleh bupati dan masyarakat, demikian juga sebaliknya, Kepala Puskesmas harus memantau terkait masalah kesehatan di tengah masyarakat.

“Turunlah ke lapangan, bicaralah dengan Keuchik dan aparatur desa, tanyakan apa masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat, berikan masukan jangan hanya duduk di Puskesmas saja,” ujar Ramli .

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat Syarifah Junaidah mengungkapkan kendaraan roda dua yang diserahkan kepada Tenaga Puskesmas Keliling sebanyak 15 unit kepada 13 Puskesmas yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan yang diusulkan oleh Pemkab Aceh Barat.

"Tujuan diserahkannya kendaraan ini untuk pencapaian Standar Pelayanan Minimal dan mendukung program imunisasi dengan target bayi dan ibu hamil serta pencegahan penyakit menular," ujarnya.

Selain itu juga untuk membantu mobilitas Tenaga Puskesmas Keliling dalam membawa vaksin dan non vaksin ke wilayah kerja.