Tim Klaster Pencegahan COVID-19 Jayapura Rutin Turun ke Lapangan

Sentani - Klaster pengawasan yang terdiri dari tim promosi kesehatan, surveilans, disinfeksi, isolasi diri melalui karantina rumah terus melakukan berbagai kegiatan di tengah masyarakat untuk menekan penyebaran COVID-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Jayapura Khairul Lie mengatakan, dari beberapa tim tugas dari kluster pencegahan ini rutin turun ke lapangan untuk melaksanakan upaya upaya pencegahan sesuai dengan tugas masing-masing.

"Klaster pengawasan yang terdiri dari tim promosi kesehatan, surveilans, disinfeksi, isolasi diri melalui karantina rumah. Jadi mereka sudah mempunyai tugas dan fungsi masing-masing dalam hal penanganan pandemi ini," katanya, Senin (20/7).

Dia menjelaskan, misalnya untuk kegiatan tim promosi kesehatan, kegiatan Senin 20 Juli melaksanakan kegiatan edukasi protokol kesehatan pada empat titik yaitu Dermaga Kalkote, Dermaga Yahim, Pasar Pharaa, dan pertigaan tabita.

Kemudian di hari yang sama Tim Surveilans melaksanakan pemantauan kontak erat, dan masyarakat yang masuk ke Kabupaten Jayapura melalui data KKP, selanjutnya melaksanakan tracing kontak erat pasien positif COVID-19 di beberapa lokasi pasien positif yang telah diumumkan. Kemudian mereka melaksanakam tracing pasien yang mangkir swab.

"Dari tim disinfeksi melaksanakan upaya penyemprotan pada lokasi tempat kerumunan dan lokasi domisili pasien positif," paparnya.

Selanjutnya, Tim Isolasi diri melalui karantina rumah melaksanakan pemantauan kepada pasien pasien positif  COVID-19 yang isolasi di rumah dalam masa penanganan dibawah kendali dan pantauan RS Yowari yaitu wilayah Sentani, Doyo Baru, Yakonde dan Babrongko.