Wali Kota Denpasar Kembali Serahkan Bansos Pascabencana

Denpasar - Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara kembali menyerahkan bantuan sosial pascabencana tahun 2023 di Kantor Wali Kota Denpasar, Senin (28/8). Bantuan ini diserahkan sebagai wujud nyata peran Pemerintah Kota Denpasar dalam meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah.

Adapun bansos pascabencana kali ini diserahkan kepada 10 orang penerima yang mengalami musibah kebakaran dan bencana alam pada Juni hingga Agustus 2023 dengan total bantuan Rp360 juta.

"Kami turut prihatin atas musibah yang menimpa masyarakat Denpasar, dari kebakaran dan bencana alam," ujar Wali Kota Jaya Negara di sela-sela penyerahan bantuan.

Lebih lanjut Jaya Negara menyampaikan, bantuan yang diserahkan ini sebagai dukungan pemerintah untuk dapat membantu meringankan beban dan memulihkan kondisi masyarakat, sehingga bisa kembali memiliki semangat untuk bangkit pascabencana atau musibah.

"Kami berharap bantuan ini dapat memberikan dukungan pemulihan kondisi pasca bencana yang terjadi, sehingga mampu meringankan beban masyarakat," ujar Jaya Negara.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Joni Ariwibawa mengatakan, penyerahan bantuan ini  masing-masing kepada korban yang mengalami bencana dari kebakaran dan bencana alam, termasuk pohon tumbang. Masing-masing warga terdampak menerima, yakni untuk rumah tinggal pribadi maksimal Rp30 juta, fasilitas umum seperti pura, bale banjar maksimal Rp100 juta.

"Pada hari ini diserahkan kepada 10 orang penerima bantuan sosial dari longsor pohon tumbang dan paling banyak korban kebakaran oleh Wali Kota Denpasar, dimana bantuan serupa sebelumnya juga telah diserahkan kepada warga korban bencana," ujarnya.

Dijelaskannya bahwa bantuan yang diserhakn ini telah melalui berbagai tahapan, termasuk pengecekan lapangan oleh tim verifikasi bencana alam dan kebakaran di Kota Denpasar.

"Kami menyadari bantuan ini yang tentunya tidak banyak dapat membantu perbaiakan secara keseluruhan dari musibah yang terjadi, namun demikian diharapkan sebagai stimulan dan wujud nyata dukungan pemerintah kepada masyarakat yang terkena bencana," ujarnya.

I Wayan Suarta Adhi yang mengalami musibah kebakaran mengucapkan terima kasih kepada Walikota Denpasar dan seluruh jajaran Pemkot Denpasar atas bantuan pasca bencana bagi masyarakat yang terkena musibah kebakaran.

"Kami telah menerima bantuan melalui transfer rekening dan bantuan ini sangant membantu kami dalam perbaikan pura karena musibah kebakaran," imbuhnya.