Pemkot Denpasar Terus Gencarkan Safari Kesehatan

 

Denpasar - Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan gencar melaksanakan Safari Kesehatan. Hal ini sebagai upaya berkelanjutan untuk mewujudkan kesehatan masyarakat yang juga dirangkaikan  dengan menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tahun 2023.

Kali ini giat safari kesehatan menyasar warga Desa Pemecutan Kelod yang dipusatkan di Banjar Tegal Kawan, Desa Pemecutan Klod, Kecamatan Denpasar Barat, Sabtu (9/9).

Kepala Dinas kesehatan Kota Denpasar dr. Anak Agung Ayu Agung Candrawati mengatakan, tujuan safari kesehatan ini tidak lain untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Beragam layanan turut diberikan pada kegiatan ini. Yakni promosi kesehatan, pemeriksaan kesehatan umum, screening Penyakit Tidak Menular (PTM), dan pengobatan dari UPTD Puskesmas II Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Barat.

"Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama RSUD Wangaya Kota Denpasar yang memberikan pelayanan Fisioterapi serta JFF (John Fawcett Foundation Indonesia) yang memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan mata, pemberian kaca mata dan obat tetes mata sesuai hasil pemeriksaan," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, kegiatan ini terselenggara berkat sinergitas bersama seluruh pemangku kepentingan.  Dimana, semua pihak yang terlibat dan partisipasi dari kader posyandu pada proses registrasi sangat menunjang lancarnya kegiatan safari kesehatan. Candrawati menambahkan, Safari kesehatan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sebagai upaya promotif, preventif, dan kuratif demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Kita harapkan masyarakat Kota Denpasar  yang memiliki keluhan kesehatan, ataupun yang ingin mengecek kesehatanya dapat langsung mengunjungi safari kesehatan ini, sehingga masyarakat dapat betul-betul memanfaatkan program pelayanan kesehatan jemput bola ini dengan baik," ujarnya.

Sementara, Putu Ariani, salah satu warga yang hadir dalam safari kesehatan ini mengatakan, pihaknya mengaku sangat terbantu dengan program dari Pemkot Denpasar ini.

"Saya berharap kegiatan seperti ini dapat terus terselenggara, sehingga lebih banyak masyarakat yang dapat terbantu," ujarnya.