Serahkan Penghargaan Juara Lomba Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal, Wali Kota Denpasar: Sarana Pelestarian Budaya

Denpasar - Lomba Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal Remaja Kota Denpasar Tahun 2023 berlangsung sukses. Ajang tahunan pencarian bibit seniman Bapang Barong dan Mekendang Tunggal ini sukses menetapkan para juaranya yang diumumkan langsung usai pelaksanaan lomba di Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung Denpasar, Jumat (22/9).

Tak ketinggalan, setelah menonton seluruh penampilan pada hari pertama, Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Wali Kota I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Kota Denpasar I Gustu Ngurah Gede dan Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana kompak hadir berbaur dengan masyarakat menyaksikan kembali pementasan di hari kedua. Dalam kesempatan tersebut, turut diserahkan Piala, Piagam dan Uang Pembinaan bagi pemenang lomba.

Adapun untuk Lomba Bapang Barong Ket Juara I diraih Pasangan I Made Adi Wiguna dan I Wayan Dewangga Mardheya, Juara II diraih I Komang Agastya Nandha  dan I Kadek Satya Sastra Weda, Juara III diraih I Ketut Satuedi dan I Putu Gede Ary Hendrawan, sedangkan Juara Harapan I diraih I Putu Saskara Juniartha Putra dan I Gede Dana Suwandita.

Selanjutnya untuk Juara I Lomba Mekendang Tunggal diraih I Wayan Agus Hery Wahyudi, Juara II diraih I Komang Wahyu Nugraha Dewata, Juara III diraih I Nyoman Adi Swarna, dan Juara Harapan I diraih Dwi Marta Adi Suryantara

Usai pelaksanaan lomba, Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, Pemerintah Kota Denpasar menggelar Lomba Tari Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal Remaja ini sebagai upaya memberikan pembinaan dan pengembangan sekaligus pelestarian sebuah kesenian sakral khususnya tari barong yang ada di Kota Denpasar. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para generasi muda menujukkan tehniknya serta memanfaatkan olah kreativitas tangan dalam permainan kendang.

Jaya Negara juga mengapresiasi antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan ini. Dimana, secara umum seluruh peserta telah memberikan penampilan terbaiknya. Ia juga mengingatkan seluruh seniman muda agar memperhatikan teknik Ngunda Bayu. Sehingga penari tidak tergesa-gesa menjalang akhir pementasan lantaran kehabisan tenaga dan waktu saat pementasan. Keberhasilan lomba ini setiap tahunya menjadi angin segar dalam mendukung kemajuan seni di Kota Denpasar, khususnya kesenian Barong Ket.

"Sebagai Kota yang heterogen, lomba ini diikuti oleh peserta yang lumayan banyak, nantinya pemenang lomba akan terus dilaksanakan pembinaan untuk disiapkan sebagai Duta Kota Denpasar, kami bangga melihat anak-anak muda tetap berkreatifitas dan tidak kehilangan jati diri," ujar Jaya Negara.

Pihaknya menjelaskan, nantinya para pemenang lomba, utamanya tiga besar terbaik akan diberikan pembinaan lanjutan. Hal ini dalam rangka mempersiapkan seniman muda Kota Denpasar untuk menjadi Duta Kota Denpasar pada gelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) serta kompetisi lainnya.

"Bapang Barong ini jika diibaratkan olahraga kita sedang mempersiapkan atlet, dalam bidang seni kami mempersiapkan agar bisa tampil d PKB tahun depan, Juara I, II dan III ini akan kita latih dan bina sehingga dapat optimal nantinya menjadi Duta Kota Denpasar dan event atau kompetisi lainya," ujarnya.

Walikota Jaya Negara juga mengajak seluruh peserta yang belum mendapatkan juara agar tidak patah semangat. Hal ini lantaran kegiatan serupa akan digelar secara berkelanjutan untuk memberikan wadah kreativitas bagi seniman muda Kota Denpasar.

"Yang belum juara jangan patah semangat, harus terus belajar dan berlatih, ke depan masih bisa terus berkompetisi yang utamanya untuk melestarikan seni dan budaya Bali," ujarnya.

Sementara itu, Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Puwantara didampingi Kabid Kesenian, I Wayan Narta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya Lomba Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal Remaja Kota Denpasar Tahun 2023. Dimana, evaluasi dan masukan akan menjadi poin penting dalam pelaksanaan kegiatan di tahun berikutnya.

"Selamat kepada pemenang, yang belum menjadi juara tetap semangat, kekurangan dan evaluasi akan kami jadikan acuan dalam mendukung pelaksanaan kegiatan yang lebih baik di tahun mendatang," imbuhnya.