Wawali Solo Ajak Semua Pihak Jaga Kondusivitas Sukseskan Pemilu

Solo – Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa menghadiri Serah Terima Kirab Pemilu 2024 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen ke KPU Surakarta Balai Kota Surakarta, Sabtu (14/10).

Dalam sambutannya, Teguh berharap Pemilu 2024 akan berlangsung secara kondusif sehingga pesta demokarsi benar-benar bernuansa pesta, yang meriah, gembira, dalam suasana yang suka cita.

Oleh karena itu, Teguh menyampaikan kepada semua pihak yang terlibat dalam pesta demokarasi ini untuk bersama-sama mewujudkan pesta demokrasi yang meriah penyelenggaraannya dan kondusif suasananya.

“Untuk itu, kepada peserta Pemilu, kemudian penyelenggara dan pengawas, sekaligus masyarakat Surakarta yang kita cintai ini mari sama-sama kita wujudkan pesta demokarsi yang sebagaimana suasana pesta yang sebenarnya,” ucap Teguh.

Teguh juga menyampaikan bahwa ia sangat mengapresiasi adanya kegiatan Kirab Pemilu 2024 ini dan mengucapkan terima kasih terutama pada pihak-pihak penyelenggara yang sudah menyiapkan dan berpartisipasi pada kegiatan ini.

“Terima kasih para penyelenggara dan pengawas yang mempersiapkan seluruh perhelatan lima tahunan ini, termasuk temen-temen pimpinan partai yang lolos ada 18. Temen - temen penyelenggara ditingkat kecamatan maupun kelurahan dan tidak lupa masyarakat pemilih, masyarakat Surakarta yang kita cintai,” ujarnya.

Kegiatan yang dimulai pukul 15.30 WIB tersebut diselenggarakan untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat serta mendongkrak tingkat partisipasi pemilih dalam kontestasi politik lima tahun ke depan.

KPU Surakarta menerima bendera kirab pemilu dari KPU Sragen, yang terdiri dari 18 bendera dari berbagai partai politik yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024.

Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti menjelaskan bahwa Bendera Kirab Pemilu ini akan berada di Kota Surakarta selama enam hari, yang selanjutnya akan diserahterimakan ke KPU Boyolali pada akhir pekan depan.

“Kirab pemilu jalur V dimulai dari Maluku Utara, kemudian melewati Provinsi Jawa Timur kemudian ke Jawa Tengah lewat Sragen. Baru diserahkan ke KPU Kota Surakarta dan besok hari Sabtu (21/10/2023) kita akan menyerakahkan ke KPU Kota Boyolali,” jelas Nurul.

Selain untuk publikasi dan edukasi, Nurul juga berharap adanya kirab ini memberikan motivasi dan semangat kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dalam Pemilu 2024.