Kemensos Monev KUBE di Kabupaten Buton

Buton - Kementerian Sosial melalui Direktorat Penanganan Fakir Miskin (PFM) wilayah III melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) kegiatan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Jumat (24/7).

Tim Kemensos turun ke lokasi melihat pelaksanaan serta pecairan dan pembelanjaan program KUBE yang sebelumnya telah diberikan bantuan modal usaha, yakni di Kelurahan Kombeli, Kecamatan Pasarwajo, Desa Ambuau Indah dan Lasalimu, Kecamatan Lasalimu Selatan.

Saat monev, tim Kemensos yang berjumlah empat orang itu didampingi langsung Kadis Sosial Buton Asnawi.

Sementara itu, Direktorat PFM Wilayah III Kemensos Lala Malahayati berharap bantuan tersebut dapat termanfaatkan dengan baik agar kelompok KUBE dapat berkembang dan maju. Dengan begitu masyarakat akan tersejahterakan dan berdaya saing.

Tidak hanya itu, ia menyebutkan penerima manfaat KUBE di Kabupaten Buton tercatat sebanyak 100 kelompok.

“Yang terdiri dari 971 KPM dengan jumlah bantuan Rp 1.942.000.000 karena masing-masing KPM mendapatkan 2 juta atau 20 juta per kelompok,” ujar dia saat Monev KUBE di Desa Lasalimu, Kecamatan Lasalimu Selatan.

Sementara itu, Dewi Satria, salah satu KPM di Kecamatan Lasalimu mengaku sangat terbantu dengan program KUBE ini. Ia berharap bantuan serupa terus digulirkan pemerintah dengan ditambah program lain.

“Terima kasih kepada Dinsos Kabupaten Buton dan Kemensos yang telah membantu kami dengan program KUBE ini. Saya berharap kedepannya dapat dibantu dengan program-program lainnya,” harapnya.