Dirjen Dukcapil Dorong Percepatan Penuntasan KTP-el untuk Pemilih Pemula

Muara Enim - Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Yulius mendampingi Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Teguh Setyabudi meninjau pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (18/1).

Teguh mengatakan, tujuan dari kunjungan ini untuk mendorong percepatan penuntasan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi para pemilih pemula yang nantinya pada 14 Februari mendatang memiliki hak pilih di Pemilu 2024.

"Ini yang saat ini kita tengah kejar, alhamdulillah secara umum di Sumatera Selatan sejauh ini belum ada laporan mengenai kendala terkait masalah perekaman data bagi para pemilih pemula,"tutur Teguh.

Walaupun demekian, dirinya menekankan kepada seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) dan utamanya Disdukcapil setempat untuk tidak cepat berpuas diri. Dirinya juga menegaskan bahwasannya pelayanan administrasi kependudukan itu harus tepat, tidak diskriminatif dan utamanya gratis tidak dipungut biaya sepeserpun.

Kemudian, demi kelancaran percepatan penuntasan perekaman KTP bagi para Pemilih Pemula Dirjen Dukcapil meminta dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim beserta seluruh stakeholder lainnya untuk mendukung program ini guna kelancaran pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.

Sekda Yulius yang hadir bersama Ka. Disdukcapil Risman Efendi, Ka. Diskominfo Statistik dan Persandian Ardian Arifanardi, Kasat Pol PP Mussadeq menegaskan bahwasannya Pemkab Muara Enim berkomitmen penuh dalam mendukung program percepatan penuntasan perekaman KTP bagi para Pemilih Pemula di Bumi Serasan Sekundang.

Komitmen ini terbukti melalui jumlah perekaman wajib KTP yang mencapai 99,35%, kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) sebesar 55,70%, kepemilikan Akta Kelahiran usia 0-17 tahun sebesar 96,03% dan Identitas Kependudukan Digital (IKD) sebanyak 14.327 orang atau sekitar 3,19% di Kabupaten muara Enim bedasarkan Data aministrasi Kependudukan (PDAK) Kemendagri.

Nampak hadir juga diantaranya, Kadis Dukcapil Prov. Sumatera Selatan, Kadis Dukcapil Kabupaten Lahat, Kadis Dukcapil Kota Prabumulih beserta jajaran Dukcapil Kabupaten Muara Enim.