Gugus Tugas Jayapura Punya Tiga Tim Berantas COVID-19

Sentani - Dalam upaya penanganan pencegahan penyebaran COVID-19 di sejumlah wilayah Kabupaten Jayapura, pemkab membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Ada berbagai tim yang diikutsertakan dalam Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Jayapura, salah satunya sektor kesehatan yang juga memiliki tiga tim, yakni tim desinfeksi, surveilans dan promosi kesehatan.

"Ada tiga tim yang sudah kami bentuk. Tim disinfeksi, surveilans dan promosi kesehatan. Tim ini juga ada di setiap puskesmas melalui gugus tugas distrik," kata Khairul Lie, Senin (27/7).

Tiga tim ini, ujar Khairul, sudah mempunyai tugas dan fungsi masing-masing yang pertama untuk tim surveilans melaksanakan pemantauan kepada masyarakat yang masuk ke Kabupaten Jayapura baik melalui udara dan laut. Tentunya kerja dari tim Ini mendapat dukungan penuh dari KKP melalui data-data yang disediakan. Kemudian tim ini juga melaksanakan pemantauan kontak erat pasien COVID-19 untuk dilakukan upaya karantina selama pemeriksaan dilakukan.

"Mereka juga melaksanakan pemantauan pasien COVID-19 yang melalui isolasi diri melalui karantina rumah serta memberikan dukungan logistik kesehatan dalam upaya penanganan dan pelaksanaan protokol kesehatan selama isolasi," paparnya.

Selanjutnya, tugas dari tim promosi kesehatan melaksanakan kegiatan pengetatan bersama tim gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Jayapura di beberapa titik.

Kemudian kegiatan rutin yang dilakukan oleh sektor kesehatan ini juga melalui tim desinfektan yang secara terus-menerus melakukan kegiatan disinfeksi atau penyemprotan disinfektan terhadap daerah atau wilayah wilayah yang sudah terpapar untuk mencegah dan membatasi penyebaran virus corona tidak semakin meluas.