Pemkab Buton Sebar Ribuan Masker Merah Putih untuk HUT RI

Buton - Pemerintah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, bakal menggelar Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi RI ke-75 tahun 2020 dengan memakai masker merah putih. Pemkab Buton akan memberikan masker tersebut secara gratis kepada peserta upacara yang rencananya akan dipusatkan di eks Kantor Bupati Buton, Pasarwajo.

“Untuk menggelorakan semangat peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, peserta upacara akan memakai masker merah putih. Upacara akan digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Upacara akan digelar secara sederhana, termasuk pengaturan barisan peserta upacara akan diatur sedemikian, namun tetap memperhatikan juknis pelaksanaan upacara,” kata Bupati Buton La Bakry, dalam rapat membahas persiapan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Aula Kantor Bupati, Takawa, Pasarwajo, Selasa (28/7).

Pemkab Buton melalui Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Buton bakal menyediakan 1.500 masker merah putih. Masker tersebut diperuntukkan untuk peserta upacara di enam kecamatan masing-masing mendapatkan 150 masker, sisanya akan disebar di lapangan upacara.

Lebih lanjut, Bupati Buton La Bakry menegaskan para camat untuk tetap melaksanakan upacara peringatan HUT kemerdekaan di wilayahnya masing-masing.

“Para camat tetap menggelar peringatan HUT Kemerdekaan RI di wilayahnya masing-masing, memasang umbul-umbul untuk tetap menggelorakan semangat kebangsaan dalam peringatan HUT kemerdekaan RI,” tegas bupati Buton.

Selain upacara, kata Bupati Buton, semua desa dan kelurahan akan dinilai dalam lomba keindahan dan kebersihan desa

Sementara itu, Wakil Bupati Buton Iis Elianti mengatakan, peringatan HUT kemerdekaan RI di masa pandemi COVID-19 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, mengingat kondisi yang dihadapi saat ini sedang memasuki adaptasi kebiasaan baru, sehingga ada protokol keseharan yang harus diikuti seperti jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan.

"Untuk itu panitia harus mengatur seketat mungkin para peserta upacara,” katanya.

Hal senada dikatakan Dandim 1413 Buton Letkol Inf Arif Kurniawan. Pihaknya menegaskan peringatan HUT Kemerdekaan RI untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Kendati demikian, hal ini tidak akan mengurangi semangat, motivasi dan hikmah yang mencerminkan sikap cinta tanah air,” katanya.

Di tempat yang sama, Kapolres Buton AKBP Adi Benny Cahyono mengatakan, dalam perayaan peringatan HUT Kemerdekaan RI, pihaknya akan menggelar lomba Kampung Tangguh Nusantara.

“Semua kecamatan telah dibentuk kampung tangguh. Untuk menggairahkan dan menggelorakan semangat kebangsaan salah satu yang digelar Polres Buton adalah menggelar lomba Kampung Tangguh Nusantara,” katanya.