Pemkab Aceh Barat Salurkan Bantuan Warga Korban Kebakaran di Samatiga

Meulaboh - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan masa panik untuk korban kebakaran rumah di Desa Paya Lumpat, Kecamatan Samatiga, Selasa (4/8).

Bantuan yang disalurkan tersebut merupakan tindak lanjut dari surat Keuchik Paya Lumpat yang melaporkan bahwa di desanya telah terjadi kebakaran pada 2 Agustus 2020.

Kepala Dinas Sosial Aceh Barat Zakarya, melalui Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Musyafa Kamal menjelaskan bahwa bantuan tersebut merupakan kewajiban pemda.

"Jika dilihat dari jumlahnya tentu tidak seberapa, namun yang terpenting adalah kepedulian pemerintah terhadap masyarakat yang menjadi korban bencana.

"Apapun jenis bencana, dimanapun kejadiannya, pada saat itulah pemerintah hadir di tengah masyarakat," ujar Mustafa Kamal.

Mustafa menambahkan bahwa bantuan tersevut bersumber dari APBA dan APBN serta buffer stock di gudang logistik Dinsos Aceh Barat.

Sementara itu, Sekdes Paya Lumpat Annasir Yahya atas nama Pemerintahan Gampong mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan yang disalurkan kepada warganya yang sedang ditimpa musibah.

"Bantuan seperti ini belum pernah kami terima meskipun kejadian serupa pernah terjadi di beberapa tahun silam. Mudah-mudahan bantuan ini dapat membantu meringankan beban yang sedang dialami oleh korban (Rusdi)," imbuh sekdes.

Adapun bantuan yang disalurkan tersebut antara lain mi instan, air mineral, minyak makan, saos, roti, gula. Selanjutnya kain sarung, daster, mukena, baju Koko, baju kaos, selimut, kelambu, matras, perlengkapan alat dapur, triplek, paku dan cat.