10 KUBE Gianyar Terima Bantuan Bibit Sapi Bali

Gianyar - Bupati Gianyar I Made Mahayastra menyerahkan bantuan bibit sapi Bali kepada 10 kelompok usaha bersama (KUBE) keluarga miskin. Pemberian bibit sapi kepada KUBE merupakan suatu upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penyerahan bibit sapi dilakukan secara simbolis di Banjar Cemadik, Desa Pejeng Kangin, Selasa (28/5).

Plt. Kadis Sosial I Made Watha mengatakan, tahun ini, Pemkab Gianyar menyerahkan 50 bibit sapi kepada 10 KUBE.

"Program ini sudah ada sejak 4 tahun lalu yang digagas oleh Bupati Gianyar saat ini yang kala itu masih menjadi Wakil Bupati. Mengingat programnya berpihak kepada masyarakat kecil, Dinas Sosial tetap melanjutkannya hingga saat ini," ujar Made Watha.

Ditanya mengenai hasil dari ternak sapi, Made Watha menjelaskan bahwa pemkab tidak akan meminta bagian dari hasil ternak tersebut, sapi sepenuhnya menjadi milik KUBE yang dibudidayakan dan dikelola oleh kelompok namun tetap diawasi oleh pemda.

Sebanyak 10 KUBE yang menerima bantuan ternak bibit sapi berasal dari 2 desa Dinas, yaitu 2 kelompok dari Desa Dinas Pejeng kangin dan 8 kelompok dari Desa Manukaya. Setiap kelompok akan mendapatkan 5 ekor sapi Bali untuk dikembangbiakkan.

Bupati Gianyar yang langsung membagikan bibit ternak sapi mengajak masyarakat untuk membuat kelompok-kelompok baru untuk beternak atau berusaha tani. Tujuannya agar potensi pertanian dan peternakan  yang ada di Gianyar tetap terjaga.

Mahayastra juga mengatakan bahwa masyarakat tidak dapat hidup dari hasil pertaniannya saja maka harus diisi dengan kegiatan peternakan, entah ternak sapi, babi, ayam atau itik.

Pemberian bantuan bibit sapi Bali tersebut disamping untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga untuk melestarikan sapi Bali. Apalagi Kabupaten Gianyar berkomitmen akan terus melaksanakan lomba sapi setiap tahunnya.

Lebih lanjut, Mahayastra berharap dengan adanya pemberian bibit sapi bisa membangkitkan kembali gairah masyarakat untuk berternak.