Danrem 012/TU Serah Terima Rumah Warga Aceh Barat yang Direhabilitasi

Meulaboh - Danrem 012 Teuku Umar Kolonel Inf Djon Afriandi menyerahkan secara simbolis kunci rumah kepada Yunus, warga Desa Drien Rampak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat yang rumahnya telah dibedah atau direhabilitasi oleh Korem 012 Teuku Umar bersama Kodim 0105 Aceh Barat, Jumat (7/8).

Danrem 012/TU Kolonel Inf Djon Afriandi  menyatakan, bedah rumah tidak layak huni tersebut merupakan program Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dan juga dalam rangka memperingati HUT ke-75 kemerdekaan RI tahun 2020, serta bentuk sinergitas antara TNI dan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam kondisi pendemi COVID-19 seperti saat ini, angka kemiskinan semakin bertambah, untuk itulah TNI mencoba berbuat karya bakti sosial dalam bentuk Rehab Rumah Tidak layak Huni (RTLH) untuk mengurangi angka kemiskinan,” kata Danrem Kolonel Djon Afriandi.

Dirinya menjelaskan, rumah yang dibedah kali ini merupakan pilihan atau usulan dari kepala desa dan Dinas Sosial yang dinilai memang layak untuk menerima bantuan.

Danrem menambahkan, kriteria penerima bantuan bedah RTLH adalah atap rumah dari daun rumbia dan bocor, dinding papan, luas 3x7 meter dan ditambah pemilik rumah memiliki upah yang minimum di bawah UMR.

Sementara itu, Camat Johan Pahlawan Said Azmi, SE menyampaikan terima kasih kepada kasad TNI melalui Danrem 012/TU dan Dandim 0105 Aceh Barat karena telah membedah rumah salah seorang warganya yang tidak mampu. Said berharap dengan adanya bedah rumah tersebut, Pak Yunus agar lebih lagi dekat kepada Allah SWT dan giat mencari nafkah.

Sementara itu, Yunus tida dapat menyembunyikan perasaan bahagia setelah rumahnya yang direhab TNI.

”Saya senang sekali, terima Kasih kepada Pak Kasad Jenderal Andika Perkasa yang telah merehab rumah kami. Akhirnya saya dan keluarga bisa tidur nyenyak, hanya Allah SWT yang dapat membalasnya. Semoga Pak Kasad dan ibu diberikan kesehatan oleh Allah SWT,” pungkasnya.