Gapura dan Keindahan Desa Jadi Fokus Penilaian Lomba HUT RI di Buton

Buton - Pemerintah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara akan menyelenggarakan lomba gapura dan kebersihan desa/kelurahan untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020.

Ketua Lomba Gapura dan Kebersihan Desa/Kelurahan Murtaba Muru menjelaskan dalam penilaiannya, pihaknya akan menilai setiap desa dan kelurahaan yang menjadi perwakilan di setiap kecamatan. Konsep lomba, setiap desa bersaing antara desa. Dan kelurahan sesama kelurahan.

“Desa yang juara satunya di tingkat kecematan. Terserah, mau di lombahkan atau tidak oleh camat, satu yang keluar itu. Itu lah yang kami nilai,” ujar dia saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (7/8).

Lanjut, Murtaba yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buton ini menjelaskan, pemenang dari lomba ini nantinya akan mewakili Kabupaten pada lomba desa dan kelurahan di tahun yang akan datang.

Selain itu, tambahnya, para pemenang juga akan mendapatkan piagam dari Pemerintah Kabupaten Buton.

Murtaba menjelaskan juara dalam lomba itu akan diumumkan tepat pada saat upacara bendera. Sekaligus, Bupati Buton menyerahkan piagam penghargaan.

“Pengumumannya saat upacara dengan memberikan piagam,” ujarnya.

Penilaian lomba ini, kata dia, akan dilakukan 14-16 Agustus.

“Menjelang tanggal 16 itu kita sudah keliling. Pokoknya sekitar 14,15, 16 itu sudah kita nilai,” ujarnya.