Diskominfo Aceh Tengah Gencarkan Edukasi Protokol Kesehatan

Takengon – Menyikapi mulai merebaknya virus corona (COVID-19) di Kabupaten Aceh Tengah, membuat pemerintah daerah semakin memperketat penerapan protokol kesehatan.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Tengah yang bertanggung jawab dalam bidang sosialisasi dan edukasi pencegahan COVID-19, terus menggencarkan diseminasi informasi untuk menyampaikan pesan-pesan pencegahan maupun imbauan dari pemerintah melalui berbagai media, seperti melalui website pemerintah, siaran radio dan sosialisasi langsung dengan siaran keliling.

Salah satu media diseminasi yang juga semakin dintensifkan pemanfaatannya adalah media luar ruangan berupa spanduk dan baliho. Pemasangan media luar ruangan ini sebenarnya sudah dilakukan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Tengah sejak dimulainya masa penanganan COVID-19 pada pertengahan Maret lalu. Namun karena penanganan COVID-19 yang dinamis, tema maupun topik yang disampaikan kepada masyarakat juga mengalami perubahan.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Tengah Khairuddin mengatakan, tema dan topik pemasangan spanduk dan baliho ini selalu di-update mengikuti perkembangan penanganan COVID-19.

“Saat ini kita sedang fokus pada upaya pencegahan meluasnya penyebaran COVID-19. Untuk itu saat ini kami telah memasang media luar ruangan ini dengan tema utama imbauan untuk mematuhi protokol kesehatan secara ketat,” ujarnya di Takengon, Sabtu (8/8).

Dikoordinir oleh Sekretaris Dinas Kominfo Maimun, ajaran Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Tengah melakukan pemasangan baliho di sejumlah titik strategis yang mudah dilihat oleh masyarakat, serta pada lokasi-lokasi di kawasan perbatasan, seperti di Paya Tumpi yang merupakan gerbang masuk ke wilayah Aceh Tengah, juga di dekat pos perbatasan di Pondok Balik dan beberapa titik lainnya.