Pengurus Karang Taruna Kelurahan Labuan Bajo 2020-2022 Dikukuhkan

Labuan Bajo - Pengurus Karang Taruna Kelurahan Labuan Bajo, Kabupaten, Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, periode 2020-2022 dilantik dan disaksikan langsung oleh Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula dan Camat Komodo Imran di Aula Kantor Camat Komodo, Sabtu (8/8).

Lurah Labuan Bajo Syarifuddin Malik menyampaikan, sebagai organisasi kepemudaan, karang taruna harus terus berbenah seiring dengan perkembangan Labuan Bajo yang telah ditetapkan sebagai destinasi wisata super prioritas.

Dikatakannya, sebuah organisasi seperti karang taruna harus melakukan peremajaan keorganisasian dengan melakukan pembentukan struktur organisasi baru periode 2020-2022.

"Tantangan bagi daerah ini semakin besar kedepannya, sehingga dibutuhkan kehadiran generasi muda yang mempunyai visi dan misi besar kedepannya, sehingga daerah ini akan semakin maju baik dalam berpikir maupun bertindak," ungkapnya.

Lurah Syarif Malik menegaskan karang taruna sebagai wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat, khususnya generasi muda di Kelurahan Labuan Bajo harus menjadi mitra pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas utama pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat.

Di tempat yang sama, Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula menyampaikan apresiasi atas terbentuknya kepengurusan Karang Taruna Kelurahan Labuan Bajo Periode 2020-2022.

Bupati Gusti mengatakan, sebagai organisasi sosial kepemudaan, karang taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan kegiatan ekonomi produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di daerah ini baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada.

"Kita tahu bersama Labuan Bajo telah menjadi tujuan wisata dunia dan oleh pemerintah pusat telah ditetapkan sebagai destinasi wisata super prioritas, sehingga tantangan bagi pengurus Karang Taruna untuk membantu pemerintah daerah dalam merealisasikan program-program kesejahteraan masyarakat Labuan Bajo," ungkapnya

Bupati  berharap karang taruna harus mengambil tugas penting saat ini juga dihadapkan dengan pandemi COVID-19 dan Mabar masih menjadi zona merah..

"Harapan saya karang taruna menjadi garda terdepan dalam membantu pemerintah daerah dalam menghadapi pendemi COVID-19. Prediksi saya keadaan ini akan lama karena pintu gerbang di kedatangan baik di bandara maupun pelabuhan masih buka," tegas bupati dua periode tersebut.

Bupati Gusti berpesan agar karang taruna menjadi organisasi tempat berhimpunnya anak muda yang kritis, selalu berpikir maju untuk daerahnya dan berkomitmen untuk menjadi mitra pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna terpilih Muhamad Syamsul Nurhadi mengatakan siap mengemban amanah dalam melaksanakan tugas mulia dan penting dalam kemajuan Labuan Bajo, Manggarai Barat, sebagai daerah destinasi wisata super prioritas.

"Kami mohon bimbingan dari bapak Bupati, pak Camat, pembina organisasi Pater Marcel, ust Syakar A Jangku dan sesepuh lainnya, untuk selalu mengarahkan kami dalam melakukan sesuatu agar kehadiran kami bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Labuan Bajo," ungkapnya.

Dia berharap agar kepengurusan yang sudah terbentuk untuk bekerjasama dan kompak guna mewujudkan kemajuan bagi daerah.