Pemda Jayapura Siapkan 700 Hektar Lahan untuk Program Ketahanan Pangan

Sentani - Bupati Jayapura Mathius Awoitauw sudah mencanangkan program ketahanan pangan di 139 Kampung dan 5 Kelurahan di Kabupaten Jayapura. Program ketahanan pangan ini bertujuan untuk mengantisipasi kekurangan pangan akibat pandemi COVID-19 yang sampai saat ini masih terjadi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Jayapura Elisa Yarusabra mengatakan program ketahanan pangan itu sudah mulai dicanangkan pascapandemi COVID-19 ini terjadi di Kabupaten Jayapura. Setidaknya melalui program tersebut Pemerintah Kabupaten Jayapura telah menyiapkan lahan kebun seluas kurang lebih 700 meter yang tersebar di 139 Kampung dan 5 Kelurahan.

"Jadi kita bekerjasama dengan masyarakat di mana pemerintah menyalurkan dana untuk ketahanan pangan masing-masing kampung itu sebesar 100 juta rupiah," ungkap Elisa Yarusabra, Kamis (6/8).

Untuk mendukung program itu, tambahnya, pemerintah menggunakan alokasi anggaran dari Dana Desa tahun 2020 senilai 100 juta rupiah sehingga total dari keseluruhan anggaran yang digunakan untuk program ketahanan pangan itu sebesar 14 miliar rupiah.

Kemudian, untuk memaksimalkan program ketahanan pangan yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura itu perlu adanya pendampingan dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jayapura.

"Tentu program ini dijalankan dengan pendampingan langsung dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jayapura melalui PPL-nya yang ada di kampung-kampung," ungkapnya.