Diskominfo Provinsi Sumsel Sosialisasikan Kanal Pengaduan Online Rakyat

Muara Enim - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan Ahmad Rizwan melalui Kepala Seksi Media Pelayanan Publik Azhiem Baidillah mengunjungi Studio Suara Muara Enim Radio (SMER) Diskominfo Kabupaten Muara Enim untuk melaksanakan Talkshow live streaming yang membahas “Masalah Pelayanan Publik Tentang Pengaduan Masyarakat Terhadap Kinerja Pemerintah,” diantaranya melalui Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!).

"LAPOR! merupakan kanal resmi yang dibuat oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN-RB) dengan sistem terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggaraan dalam kerangka sistem informasi pelayanan publik," kata Azhiem kemarin.

Dijelaskan adanya kanal mengenai layanan publik berbasis elektronik ini, maka diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan layanan tersebut dengan baik untuk memberikan saran, masukan, pengaduan ataupun laporan mengenai kinerja pelayanan yang diberikan atau terkait hal lainnya kepada pemerintah.

Untuk memaksimalkan hal tersebut, lanjut Azhiem tentu harus ada evaluasi internal dan eksternal.

''Internal yaitu secepat apa respon dari admin dan juga penghubung terhadap laporan yang masuk. Kemudian evaluasi eksternal apa saja yang sudah kita lakukan terkait sosialisasi LAPOR! ini agar sampai ke masyarakat dan yang terpenting harus terus berinovasi," ungkapnya.

Adapun pengaduannya melalui kanal pelaporan resmi Pemerintah LAPOR! bisa diakses melalui www.lapor.go.id atau kirim SMS di 1708, Payo Lapor.