Bangun GOR, Dispora Buton Akan Lobi Pemprov Sultra

Buton - Pemerintah Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara berencana membangun Gedung Olahraga (GOR) pada tahun 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Buton La Ode Zainuddin Napa mengatakan tahun 2021 Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tidak membuka layanan aplikasi Dana Alokasi Khusus.

"Biasanya kita membangun GOR itu adalah kita mengharapkan anggaran pusat melalui sumber dana DAK, tapi aplikasi DAK untuk 2021 tidak dibuka," katanya Kamis (13/8).

Menurut Zainuddin, kendati tahun 2021 Kemenpora belum membuka layanan aplikasi DAK untuk daerah pihaknya berharap pembangunan GOR bisa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Buton dan APBD Provinsi.

"Di perubahan ini baru kita masukkan berapa dana Silpa, habis itu berapa komitmennya daerah, DPRD dan Kepala Daerah terhadap pembangunan GOR," ujarnya.

Dijelaskan, tahun 2019 lalu ia sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara terkait pembangunan stadion karena Zainuddin berharap Pemprov Sultra bisa mengucurkan anggaran untuk pembangunan stadion.

"Provinsi sangat merespon, tapi hingga hari ini belum ada realisasinya dari Provinsi. Yang pasti kami sudah melakukan segala macam upaya dan komunikasi dengan pemerintah provinsi," tuturnya.

Adapun mengenai kesiapan lahan, saat ini tinggal menunggu proses sertifikasi. "Sudah proses negosiasi, sudah melakukan proses pembebasan, tinggal melakukan proses sertifikasi," tegasnya.(***)