BI Serahkan Bantuan Program Pengendalian Inflasi Sarana dan Prasarana Pengairan Kelompok Hortikultura Jaya

Sigi  - Dalam rangka mendukung ketahanan pangan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah bersama Kelompok Tani Hortikultura Jaya, Desa Kotarindau, Kabupaten Sigi, binaan Bank Indonesia melakukan panen raya bawang merah, Sabtu (15/8). Kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati Sigi Mohamad Irwan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah Mohamad Abdul Majid Ikram menyampaikan bahwa BI memberikan bantuan kepada Kelompok Tani Hortikultura Jaya berupa embung dan sumur artesis, mesin alkon serta instalasi perpipaan untuk menyirami lahan pertanian demi mendukung kecukupan bahan pangan di Kabupaten Sigi melalui pengembangan klaster di bidang pertanian dan peternakan yang menjadi salah satu rujukan untuk kelompok-kelompok lainnya di Sulawesi Tengah, dengan tujuan kiranya kelompok yang dibantu bisa memiliki komitmen untuk meningkatkan poduktivitasnya di bidang pertanian sehingga apa yang menjadi tujuan bersama dapat tercapai.

Bupati Sigi Mohamad Irwan, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah, yang telah membantu pemerintah daerah dalam pengembangan dan peningkatan produktivitas dibidang peternakan maupun pertanian.

Irwan mengatakan bahwa Kabupaten Sigi merupakan kawasan yang memiliki keunggulan dalam sektor pertanian dan perkebunan, termasuk komoditi bawang merah yang memiliki nilai ekonomis yang relatif sehingga komoditas ini mampu menjadi sumber pendapatan dan membuka kesempatan kerja yang memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan petani, serta dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan perekonomian daerah khususnya Kabupaten Sigi.

"Untuk mewujudkan itu, semua para petani harus mampu melihat peluang untuk dapat berinovasi dalam rangka meningkatkan kualitas bawang merah yang ditanam demi memenuhi permintaan pasar," ujarnya.

Irwan berharap seluruh komponen dapat bekerjasama untuk mewujudkan swasembada bawang merah dan Kabupaten Sigi dapat menjadi salah salah satu wilayah pemasok, khususnya di Indonesia timur.

Pada Kesempatan tersebut diserahkan pula bantuan program pengendalian inflasi sarana dan parasarana pengairan pada kelompok Hortikultura Jaya, Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi.