FKP Akan Gelar Dialog Bahas Detil Tata Ruang Buton

Buton - Forum Komunikasi Pemuda (FKP) Buton akan menggelar forum dialog dengan pendekatan “koja-koja pemuda dan pemerintah” di Aula Kantor Bupati Buton, Takawa, Senin 24 Agustus 2020).

Tema dialog nanti adalah “Seperti Apa Konsep Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Pasarwajo sebagai Ibukota Kabupaten Buton”.

Menurut Ketua FKP Buton, Muhammad Risman, tema tersebut diangkat sesuai dengan pandangan pihaknya yang mana sejak Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 Tahun 2003 tentang Pemindahan Ibukota Kabupaten Buton dari Baubau ke Pasarwajo, Pasarwajo hingga sekarang seperti belum terarah pembangunannya. Banyak infrastruktur setelah terbangun terabaikan begitu saja. Ini menandahkan bahwa pembangunan Ibukota Pasarwajo belum memiliki kejelasan konsep.

Berdasarkan itu, FKP sekarang mencoba mengkoordinasikan pihak-pihak terkait melalui forum dialog. Mulai dari Dinas PUPR, BPN, Bappeda, hingga instansi terkait lainnya semua sepemikiran untuk datang berdialog. Kepentingannya adalah bagaimana supaya arah pembangunan daerah memiliki dampak besar terhadap percepatan pertumbuhan ekonomi.

“RDTR ini sangat penting untuk kita diskusikan. Sebab kalau suatu daerah sudah memiliki RDTR, maka tidak akan sulit pengembangan daerah itu,” ujarnya.

Risman berharap kegiatan dialog nanti dapat berjalan dengan baik seperti layaknya coffe break “Pengembangan Sektor Pertanian, ke Mana Arahnya”? di salah satu rumah makan, Pasarwajo beberapa waktu lalu.

“Nanti kesimpulan dari dialog RDTR Pasarwajo kita akan buat lagi dalam bentuk rekomendasi kepada Bupati Buton untuk menjadi pertimbangan,” tegasnya. (***)