Sambut Tahun Baru Islam, Pemkab Buton Gelar Tabliq Akbar dan Zikir Bersama

Buton - Dalam menyambut Tahun Baru Hijriah 1 Muharam 1442/20 Agustus 2020 Masehi, Pemerintah Daerah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara akan menyelenggarakan Tablig Akbar dan Zikir bersama di Mesjid Jami'Nur Taqwa Desa Dongkala, Kecamatan Pasarwajo hari ini,Rabu (19/8/2020) sore.

Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton, Alimani, mengatakan kegiatan tersebut akan menghadirkan Penceramah dari Kementerian Agama, Ustadz Hamdani.

Menurutnya Tahun Baru Hijriyah merupakan tahun baru bagi umat Islam yang jatuh setiap tanggal 1 Muharam yaitu bulan pertama dalam penanggalan Islam.

"Penanggalan dalam tahun Islam disebut tahun Hijriyah adalah hasil dari musyawarah Umar Bin Khatab dan para sahabatnya untuk menetapkan peristiwa hijriyahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madina sebagai awal penanggalan dalam kalender umat Islam karena merujuk kepada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW," kata Alimani saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (19/8).

Adapun pada pelaksanaan Tablig Akbar tersebut tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Tetap kita berlakukan protokol kesehatan, khususnya memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak itu sudah pasti kita akan berlakukan," jelasnya.