Pemkab Bengkulu Tengah Ikuti Rakor Efektivitas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19

Bengkulu Tengah - Wakil Bupati Bengkulu Tengah Septi Peryadi dan Kepala BPBD Samsul Bahri mengikuti Rapat Koordinasi Efektivitas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 secara virtual, Kamis (27/8).

Rapat Koordinasi dipimpin oleh Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Dalam arahannya, Menko Polhukam Mahfud MD mengajak pemerintah daerah untuk menanggulangi COVID-19 pada era adaptasi kebiasaan baru dan memulihkan secara perlahan-lahan kehidupan bernegara, berbangsa, bermasyarakat dengan seluruh aspek, namun tetap mengutamakan pemahaman tentang protokol kesehatan.

Selain itu, Mahfud juga mengajak seluruh kepala daerah agar melakukan langkah-langkah penegakan disiplin protokol kesehatan. Semuanya diatur dalam Inpres Nomor 6 Tahun 2020 yang menginstruksikan Gubernur, Bupati dan Wali Kota untuk meningkatkan sosialisasi masif penerapan protokol kesehatan.

"Ujung tombak penegakan disiplin di daerah adalah Satpol PP (di-backup TNI dan Polri). Selain itu juga penguatan kapasitas SDM Satpol PP juga harus dibekali dengan pemahaman COVID-19, protokol kesehatan dan juga fungsi edukasi, sosialiasi dan mitigasi," ujarnya.