Plt Gubernur Aceh Serahkan Bantuan Korban Puting Beliung di Aceh Tengah

Takengon  – Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengunjungi lokasi korban bencana alam angin puting beliung di wilayah kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Jumat (28/8).

Didampingi oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar, Kepala Dinas Sosial Alhudri, dan sejumlah anggota DPR Aceh, Nova Iriansyah memberikan semangat sekaligus menyerahkan bantuan kepada para korban puting beliung.

Nova yang tiba bersama rombongan di posko darurat Lapangan Belang Bebangka, Pegasing, Jumat pagi, langsung menyapa para korban musibah puting beliung yang masih berada di tempat pengungsian sementara. Selanjutnya Nova dan rombongan juga berkeliling ke beberapa lokasi untuk melihat langsung rumah-rumah warga yang yang rusak akibat bencana puting beliung tersebut.

Kepada para korban yang terdampak bencana itu, Nova meminta agar warga bersabar menerima cobaan ini.

“Fenomena alam seperti angin puting beliung ini merupakan peristiwa yang tidak dapat diduga kapan akan terjadi, kita tidak mampu untuk menolaknya, tentunya kita harus tetap sabar dan tawakkal menghadapi ujian dari Allah ini, kami ikut merasa prihatin dan berempatai atas musibah yang menimpa Saudara-saudara kami yang terjadi di empat Kampung di Pegasing ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Nova memberikan bantuan masa panik dari Dinas Sosial Aceh dan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), yang secara simbolis telah diserahkan melalui Bupati Aceh Tengah.

Nova juga meminta kepada Bupati Aceh Tengah untuk segera membuat perencanaan jangka pendek dalam rangka rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab rekon) pasca bencana, agar pihak provinsi mengetahui jumlah anggaran yang dibutuhkan dan berupaya untuk segera merealisasikan melalui Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA-P) maupun melalui dana tanggap darurat.

“Melalui bapak Bupati, telah kami serahkan bantuan masa panik bagi saudara-saudara kami disini yang terdampak bencana, saya juga minta bapak Bupati untuk segera menyusun rencanakan rehab rekon pasca bencana, supaya dapat kita ketahui berapa kebutuhan anggarannya, berapa yang bisa ditanggulangi dengan APBK dan berapa yang harus dianggarakan melalui APBA” lanjutnya.

Sementara itu, kepada Plt. Gubernur Aceh, Bupati Aceh Tengah melaporkan bahwa 33 unit rumah warga dan 3 unit bangunan fasilitas umum mengalami kerusakan yang cukup parah sebagai dampak dari bencana angin puting beliung di wilayah Pegasing ini.

“Dapat kami laporkan bahwa bencana angin puting beliung yang terjadi tiga hari yang lalu di wilayah ini, menyebabkan sekurangnya 35 unit rumah warga dan 3 unit bangunan fasilitas umum mengalami kerusakan, sebagian besar mengalami rusak berat dan harus segera dilakukan rehabilitasi dan rekonstruksi, kami sedang menyusun perencanaannya, untuk bantuan masa panik kami langsung serahkan beberapa saat setelah terjadinya bencana ini” ungkap Shabela.

Akibat bencana alam ini, 33 Kepala keluarga atau 130 jiwa terpaksa harus mengungsi di tempat pengungsian atau di rumah famili karena rumah mereka mengalami kerusakan dan belum bisa ditempati kembali.