Polres Manggarai Barat Gelar Simulasi Dalmas Pengamanan Pilkada Serentak 2020

Labuan Bajo - Personel Satuan Samapta Polres Manggarai Barat melakukan latihan pengendalian massa (Dalmas) dalam menghadapi pengamanan Pilkada Kabupaten Manggarai Barat yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang.

Latihan Dalmas ini dilakukan, guna mengantisipasi segala kemungkinan kerawanan yang terjadi dalam Pilkada nantinya.

Seperti yang dilakukan Jumat (28/8), lebih dari 110 personil Satuan Samapta melakukan latihan simulasi pengendalian massa di Mapolres Manggarai Barat.

Dalam simulasi ini, personil dibagi dua kelompok, dimana satu kelompok adalah petugas keamanan dan satu kelompok adalah massa simpatisan pendukung salah satu pasangan calon.

Tampak personil yang jadi petugas keamanan dengan segala upaya menghalau massa yang melakukan unjuk rasa.

Protap demi protap dilakukan, hingga akhirnya massa dibubarkan oleh kendaraan water canon yang menyemprotkan air kearah kumpulan massa.

“Kegiatan ini merupakan suatu bentuk Latihan Dalmas, dan sengaja dilakukan simulasi seakan–akan terjadi secara nyata,” kata Kabag Ops AKP Roberth M. Bolle didampingi Kasat Samapta Iptu Markus Malik.

Dikatakannya, latihan Dalmas ini memang mempraktekkan simulasi unjuk rasa, sehingga nantinya apabila terjadi hal yang tak diinginkan selama masa pilkada, maka para personil sudah paham dengan protap yang ada dan siap melakukan pengamanan.

“Semua dilakukan untuk persiapan Pemilukada di Kabupaten Manggarai Barat. Apabila ada aksi unjuk rasa, segera bisa dilakukan pengamanan. Walaupun kita berharap nantinya tidak terjadi aksi, namun setidaknya kita melakukan latihan dan persiapan,” katanya.

Dikatakannya, selain melibatkan anggota Satuan Samapta, latihan dalmas ini juga melibatkan personel Polres Manggarai Barat lainnya seperti Satuan Binmas sebagai Tim Negosiator.

"Latihan ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 26 sampai dengan 28 Agustus 2020,” kata kabag ops.

Kemudian Kasat Sampata Polres Manggarai Barat Iptu Markus Malik juga menyampaikan bahwa hasil yang diharapkan dengan latihan Dalmas yang dilaksanakan untuk memupuk kemampuan personil di bidang Samapta khususnya dalmas, sehingga tantangan tugas yang semakin berat bisa dihadapi seluruh personel baik secara fisik maupun mental.

“Kemampuan Samapta dalam pengendalian massa merupakan kemampuan eklusif perlu latihan secara berkelanjutan dalam rangka menguji kesiapsiagaan Personil Polres Manggarai Barat. Tahapan latihan dari Persiapan, Pelaksanaan, pengendalian serta evalusi dapat berjalan sesuai dengan baik dan dipahami masing-masing personel sesuai beban latihan yang di berikan,” ujar Iptu Markus.