Pemkab Buton Bakal Bangun Jembatan Apung di Teluk Pasarwajo

Buton - Pemerintah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, segera membangun jembatan apung di Teluk Pasarwajo.

Rencana itu telah dikoordinasikan Bupati Buton La Bakry di hadapan Direktur Kepelabuhanan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan RI Subagiyo pada pekan lalu.

Bupati Buton La Bakry memaparkan rencana pembangunan pelabuhan apung (Floating Dock) di wilayah Pasarwajo, Kecamatan Pasarwajo dan Kamaru, Kecamatan Lasalimu yang rencananya akan dibangun pada tahun 2021 mendatang.

"Rencana kita akan bangun pada tahun 2021 di Pasarwajo dan Kamaru," kata La Bakry.

Pelabuhan apung tersebut, lanjut La Bakry, berfungsi untuk menyesuaikan pasang surut air laut dengan tujuan mempermudah aktivitas naik turunnya penumpang maupun barang terutama kapal-kapal dengan tonase rendah, termaksud kapal-kapal nelayan kecil.

"Pelabuhan apung akan menyesuaikan air pasang maupun surut lebih mudah utk turun naik penumpang maupun barang. Terutama kapal2 dgn tonase rendah. Termaksud kapal2 nelayan kecil," jelasnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya pelabuhan apung tersebut bisa memudahkan masyarakat, khususnya pelaku perjalanan yang menggunakan angkutan laut maupun arus barang dan jasa yang keluar masuk Kabupaten Buton.