Wakil Ketua MPR RI Imbau Pemerintah Perhatikan Aspal Buton

Buton - Wakil Ketua MPR RI Jazuli Fawaid mengaku kagum dengan potensi yang dimiliki Buton termasuk sejarah yang dimiliki.

“Buton bukan hanya memiliki kekayaan aspal alam terbesar di dunia. Namun adalah sebuah kerajaan besar yang memiliki latar kerajaan yang sangat tua," katanya, baru-baru ini

Menurut Jazuli, wilayah Buton juga sudah mengajarkan kearifan soal musyawarah.

“Jadi yang terpenting menjadi pemimpin hari ini adalah mengedepankan sikap persatuan dan kesatuan dan mengambil jalan musyawarah ketika mengambil sebuah keputusan. Sehingga inti dari kata pemerintahan bersih yang baik adalah cara pengambilan keputusan itu harus secara bersama-sama,” ujarnya.

Jazuli meminta kepada pemerintah untuk memperhatikan aspal Buton, dimana harusnya salah satu komponen yang digunakan adalah aspal Buton ini dan sekaligus memberdayakan masyarakat di Buton.

Apalagi ketersediaan cadangan aspal Buton ini masih berkisar 600 juta ton artinya kebutuhan aspal nasional di 1,5 juta pertahun akan terpenuhi.

"Beberapa potensi kekayaan alam yang dikandung alam Indonesia ini salah satunya adalah Aspal. Namun selama ini tata niaga aspal belum menjadi komponen dalam negeri yang dipakai di setiap pembangunan jalan yang ada di Indonesia. Artinya infrastruktur jalan yang dibangun di Indonesia itu tidak menggunakan aspal Buton. Lebih banyak menggunakan aspal impor," ujarnya.