Target Swasti Padapa, Bupati Minahasa Harap Tujuan Kabupaten Sehat Tercapai


Tondano - Bupati Minahasa Royke Octavian Roring menerima Tim Verifikasi Lapangan Kabupaten Sehat dari Kementerian Kesehatan RI, masing-masing Diana Nurhayati dan Minar Indriasih di rumah dinas bupati.





Dalam pertemuan tersebut tim Kemenkes memberikan sejumlah masukan kepada Pemkab Minahasa mengenai hal-hal yang perlu mendapat perhatian dan dibenahi untuk mencapai Kabupaten Sehat dengan penghargaan Swasti Saba.





Bupati Royke Roring menekankan bahwa penghargaan Swasti Saba itu bukan tujuan utama, sebab Kabupaten Minahasa mengajukan diri untuk dinilai tetapi yang pokok adanya koordinasi lintas sektor pemerintahan, pemangku kepentingan, dan masyarakat yang dilakukan secara berkesinambungan dalam pembangunan berwawasan kesehatan dan lingkungan.





"Sebab kesehatan adalah investasi di masa yang akan datang menjadi kewajiban kita semua untuk menjadikannya lebih berkualitas," tegas bupati.





Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Minahasa Maya Rambitan menjelaskan, saat ini mereka sudah mempersiapkan lima tatanan yang diajukan sebagai indikator penilaian yakni, pemukiman sarana dan prasarana umum sehat, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, kehidupan sosial yang sehat, ketahanan pangan dan gizi, pariwisata sehat dan lalu lintas tertib serta pelayanan transportasi.(MinahasaCommandCenter)