Pjs Bupati Sigi Ikuti Rakor Bahas Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana di Sulteng

Palu - Pjs Bupati Sigi Sisliandy didampingi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Iskandar Nongtji, Kepala BPBD Asrul, dan Plt Kepala Dinas PU Hendrik mengikuti rapat koordinasi bersama Kepala Bidang Doktrin Pertahanan (Kabid Dokhan) Kemenkopolhukam Republik Indonesia Kolonel Inf Suteikno Suleman dan Dansatgas Percepatan Pembangunan Rehablitasi dan Rekonstruksi Pasca-bencana 28 September 2018 (Danrem 132/Tadulako, Kolonel Inf. Farid Makruf, MA) dengan agenda evaluasi progres percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi di wilayah terdampak bencana (Palu, Sigi, Donggala, Parigi Moutong), Rabu (30/9).

Kabid Dokhan Suetikno mengatakan kondisi saat ini dalam pelaksanaannya, progres pembangunan sudah berjalan namun ada beberapa kendala yang menjadi hambatan dalam penyelesaiannya.

"Kita berharap kendala ini segera dicarikan solusinya bersama," katanya.

Sementara itu Danrem 132/Tadulako, Farid Makruf selaku Dansatgas menyampaikan bahwa pihaknya sangat siap jika pemerintah daerah dalam proses penyelesaian membutuhkan bantuan tenaga.

Pada kesempatan yang sama, Pjs Bupati Sisliandy menanggapi terkait kondisi kesiapan huntap di Pombeve menyampaikan Pemerintah Daerah pada dasarnya menjalankan fungsi koordinasi dan komunikasi, karena kewenangan terkait pembangunannya tidak melekat pada Pemda.

"Pemda terus membangun koordinasi dengan pihak terkait dan juga bersama melakukan monitoring kesiapan hunian tetap di lapangan, baik terkait kesiapan hunian, infrastruktur jalan, drainase dan ketersediaan listrik dan air," terangnya.

Sementara itu, terkait dengan penyaluran dana stimulan, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Iskandar Nongtji menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sigi telah mengajukan permohonan perpanjangan waktu ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan diharapkan dalam waktu dekat rekomendasi tersebut akan keluar dan segera ditindaklanjuti ke Kementerian Keuangan Republik Indonesia.