Menteri PAN-TB Tinjau Pelayanan Publik di Mapolres Manggarai Barat

Labuan Bajo - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, tujuannya datang ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, untuk melakukan monitoring dan pembinaan di daerah-daerah tujuan wisata.

"Labuan Bajo ini adalah daerah tujuan wisata internasional. Maka, pemerintah daerah, kepolisian dan semua pihak harus siap melayani," ujar Tjahjo saat mengunjungi Mapolres Manggarai Barat, Kamis (22/10).

Menteri Tjahjo dan rombongan meninjau ruang Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Polres Manggarai Barat kemudian mengecek sejumlah fasilitas pelayanan publik di Polres Manggarai Barat yakni fungsi pelayanan publik di Satpas SIM, Unit Pelayanan SKCK, Sidik Jari dan Perizinan.

“Kepolisian harus menjaga keamanan, ketertiban masyarakat, sehingga orang datang ke Labuan Bajo merasa aman dan nyaman. Orang mengurus SIM juga harus dilayani dengan cepat, memperpanjang SIM juga begitu,” katanya.

Secara umum, Polres Manggarai Barat diketahui meraih nilai 2,55 atau dalam kategori C. Sementara untuk layanan SIM, mendapatkan nilai 2,87 dengan kategori C. Melihat hasil evaluasi tersebut, Menteri Tjahjo mendorong seluruh unit pelayanan agar meningkatkan kualitasnya, terlebih di masa pandemi COVID-19.

Sementara itu, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, usai menerima kunjungan Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo menerangkan, pihaknya terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“Bapak Menpan-RB baru saja mengunjungi salah satu pusat pelayanan masyarakat di Polres Mabar yaitu, satuan lalu lintas. Beliau mengunjungi pelayanan SIM dan juga fasilitas yang sedang dibangun yang dipersiapkan untuk melayani masyarakat di Mabar,” ujarnya.

Dijelaskannya lapolres bahwa tujuan Menpan-RB datang untuk memastikan semua pelayanan publik yang dilakukan semua aparatur negara termasuk Polri dan ASN sesuai dengan SOP serta peraturan yang dikeluarkan pemerintah.

AKBP Bambang Hari Wibowo, menerangkan, sebelum kunjungan Menpan-RB, Polres Manggarai Barat sudah dikunjungi dari Mabes Polri, dan Polda NTT.

“Alhamdulillah kita sudah melaksanakan dengan baik. Sebelum kunjungan Pak Menteri, kita sudah dikunjungi dari Mabes Polri dan Polda NTT,” ucapnya.

Untuk memperkuat kinerja personil Polres Manggarai Barat, tambah AKBP Bambang Hari Wibowo, pihaknya baru saja mendapatkan penambahan 60 personil baru.

“Minggu yang lalu kita mendapat penambahan 60 personil baru. Tujuannya untuk peningkatan pelayanan publik, khususnya masyarakat Manggarai Barat dan wisatawan yang mengunjungi Labuan Bajo,” terang kapolres Mabar.