Presiden Jokowi: Sumpah Pemuda Bawa Energi Positif

Madiun - Pandemi COVID-19 rupanya tidak menghalangi bangsa Indonesia dalam memperingati Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020, Rabu (28/10). Meski dilakukan secara virtual, namun tidak mengurangi khidmatnya acara.

Di lingkup Pemkot Madiun, jajaran pimpinan dan Kepala OPD Hadi untuk mengikuti peringatan Sumpah Pemuda secara virtual bersama Presiden Joko Widodo. Dalam acara tersebut tampak Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri dan Sekda Rusdiyanto mengikuti video conference melalui Gedung GCIO Kota Madiun.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menuturkan bahwa semangat Sumpah Pemuda yang berlangsung 92 tahun lalu membawa energi positif untuk persatuan dan kesatuan bangsa.

"Sumpah Pemuda mengajarkan kita untuk menyatukan perbedaan untuk kepentingan dan tujuan bersama," tuturnya.

Menurut Presiden Jokowi, segala permasalahan dapat diselesaikan dengan cara bersatu dan bekerja sama. Hal tersebut merupakan kunci untuk mencapai Indonesia yang maju dan sejahtera.

"Upaya-upaya untuk menjaga persatuan harus terus kita lakukan, menjadi Indonesia tidak cukup hanya menjadi bagian dari wilayah Indonesia. Kita harus bekerja sama untuk merawat Keindonesiaan," paparnya.

Pada kesempatan itu, Presiden juga mengimbau masyarakat agar tidak mudah terhasut isu-isu yang belum jelas kebenarannya. Apalagi, yang berujung pertikaian antarkelompok maupun antarindividu. Sehingga, bangsa Indonesia tetap kuat dan tidak tergoyahkan.

Pada peringatan Sumpah Pemuda tahun ini, pemerintah juga meresmikan stasiun TVRI di Papua Barat. Harapannya, infrastruktur ini dapat memudahkan masyarakat memperoleh informasi dari berbagai wilayah di Indonesia.